Anoa : Satwa Unik Khas Sulawesi

KlikPintarAnoa, adalah sebuah nama hewan yang hidup di pulau Sulawesi. Sebuah hewan yang mungkin sanagt sulit ditemukan di luar pulau sulawesi. Ada dua spesies yang ada, yaitu anoa pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis). Kedua spesies tersebut tinggal dihutan belantara. Nah, apakah anda sudah tahu bentuk dari hewan Anoa? Anoa mempunyai bentuk seperti kerbau dan beratnya berkisar antara 150 – 300 kilogram, kulitnya cokelat kehitam-hitaman.

Anoa hidup di Sulawesi (celebes), hidup secara berpindah-pindah dan hewan ini membela dirinya dengan melawan menggunakan tanduknya. Diperkirakan jumlah hewan ini tidaklah banyak lagi, sejak tahun 1960an anoa dinyatakan dalam status terancam punah, banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang memburunya untuk diambil kulitnya, dagingnya dan diambil tanduknya. Terkadang perburuan Anoa ini menggunakan perangkap jerat yang melukai kaki Anoa.

anoa

Sifat Anoa yang Terluka Lebih Buas

Dikarenakan penggunaan jerat untuk menangkap Anoa, hewan ini kerap terluka kakinya. Dan terkadang jerat yang dibuat untuk menangkap pun tumbang karena kurang bagus dan hewan ini pun lolos, maka anoa yang lolos pun lari tak terarah sambil membawa luka di kakinya. Anoa yang lepas ini rupanya seringkali lari ke jalan dan menghadang orang-orang yang lewat, mungkin hewan tersebut dendam karena telah terluka kakinya karena jerat yang gagal. Informasi ini kami dapat dari orang jawa yang pernah tinggal di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Anoa terancam punah karena ulah manusia, diperkirakan kurang dari lima ribu ekor yang masih hidup. Karena itulah hewan ini menjadi satwa yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia agar kelestariannya dapat terjaga dan selamat dari ancaman kepunahan.

Mari kita turut serta melestarikan anoa dengan tidak memburunya agar tidak hanya sekedar cerita di masa depan

Anoa : Satwa Unik Khas Sulawesi
5 (100%) 2 votes

Komentar Untuk Anoa : Satwa Unik Khas Sulawesi :

2 comments

  1. Oh, anoa itu khas Sulawesi ya? Baru tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top