Cara Membuat Daftar Pustaka Dengan Benar

KlikPintarCara membuat daftar pustaka. Membuat sebuah karya tulis ilmiah seperti skripsi atau tulisan lainnya memang harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah bila kita mengutip maka kita harus mengetahui cara-cara mengutip sebuah kalimat atau sesuatu hal, kita harus menyebutkan sumber asli dari apa yang kita kutip, dan dituliskan pula dilembar daftar pustaka. Sebagian orang tidak mengerti cara membuat daftar pustaka dengan benar. Daftar pustaka memang mempunyai format penulisannya tersediri, anda sudah mengerti cara membuat daftar pustaka?

Daftar pustaka yang ditulis secara baik dan benar mempunyai beberapa fungsi, salah satunya adalah sebagai bukti perlindungan atas tuduhan pembajakan kekayaan intelektual bila terjadi. Daftar pustaka juga merupakan sebuah pengakuan atas karya tulis orang lain yang kita kutip. Nah cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar adalah dengan menyertakan informasi :

1. Nama penulis atau pengarang
2. Tahun diterbitkannya tulisan atau karangan
3. Judul buku atau artikel
4. Kota penerbit
5. Perusahaan penerbit

Seiring perkembangan teknologi dewasa ini, sumber kutipan tidak hanya didapat dari media cetak tapi juga dapat berasal dari media internet. Seperti apa cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar? Silakan simak ulasan berikut ini.

cara membuat daftar pustaka

Cara Membuat Daftar Pustaka

Cara Membuat Daftar Pustaka Dengan Benar

1. Sumber Berasal Dari Media Cetak Atau Buku

Tulis nama penulis sumber yang kita kutip, jika mempunyai nama belakang maka nama ditulis yang belakang terlebih dahulu diikuti tanda koma dan nama depan. Contoh : “Agung Satriya” menjadi “Satriya, Agung”. “Raden Kian Santang” menjadi “Santang, Raden Kian”. Apabila penulisnya ada dua, maka ganti kata “dan” menjadi tanda &. Contoh : Farhan, Ahmad., Udin S., J.J Thomson., & Julia Dewi Subadra. Atau dapat ditulis Farhan, Ahmad, dkk. Gelar tidak ditulis. Setelah itu ikuti tahun terbit dengan tanda titik. Judul buku dengan gaya miring/tebal diikuti dengan tanda titik. Tulis kota penerbitan dengan diikuti tanda titik dua, tulis perusahaan penerbitnya, titik.

Contoh : Supriatno, Yai & Ersi Herlinta. 2012. BERTANAM 15 TANAMAN SUBTROPIS. Dieng: Yahitomo Press.

2. Sumber Berasal Dari Internet

Tulis nama penulis diikuti titik, tulis tahun terbit dalam kurung diikuti titik, judul diberi gaya miring, tulis kata “from” kemudian diikuti url sumber dari kutipan diikuti tanda koma, tulis tanggal dikutipnya situs tersebut.

Contoh : Ridwan. (2013).Cara Menghilangkan Static Pages dari Hasil Pencarian WordPress. From http://webridwan.com/komputer/website-dan-blog/cara-menghilangkan-static-pages-dari-hasil-pencarian-wordpress/, 05 Juni 2013

Itulah beberapa step cara membuat daftar pustaka dengan benar, harap berhati-hati dalam menulis daftar pustaka. Kutipan yang tidak termasuk dalam daftar pustaka dapat saja diklaim plagiat. Tidak ingin dianggap plagiat? Pelajari cara membuat daftar pustaka dengan benar.

Cara Membuat Daftar Pustaka Dengan Benar
5 (100%) 4 votes

Komentar Untuk Cara Membuat Daftar Pustaka Dengan Benar :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top