Cara Membuat Yoghurt Dengan Praktis

KlikPintar – Cara Membuat Yoghurt. Minuman ini sangat digemari banyak orang karena rasanya yang nikmat. Bukan hanya nikmat, tapi juga kandungan gizinya yang sangat baik untuk tubuh manusia. Cara membuat yoghurt pun mudah bila anda ingin membuat sendiri dengan rasa yang anda suka. Tahukah anda yoghurt adalah minuman hasil fermentasi dari susu sapi, oleh karena itu yoghurt mempunyai kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh serta dapat melancarkan pencernaan dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Anda yang biasanya alergi dengan susu bisa mencoba yoghurt, belum tentu penderita alergi susu juga alergi pada yoghurt.

Ada dua macam yoghurt yang tersedia di pasaran, yaitu yoghurt plain yang belum ada penambah rasa dan drink yoghurt yang sudah terlebih dahulu diberi rasa tambahan. Kita bisa membuat yoghurt sendiri dan cara membuat yoghurt tidaklah sulit, berikut ini adalah cara membuat yoghurt :

Cara Membuat Yoghurt

1. Siapkan bahan untuk membuat yoghurt, yaitu 1 liter susu murni dan bibit yoghurt 5 % atau bisa dengan yoghurt tanpa rasa.

2. Step kedua cara membuat yoghurt adalah dengan memanaskan susu sapi murni dengan api yang kecil dan usahakan jangan sampai susu mendidih, memanaskannya hanya selama 30 menit.

3. Matikan api dan angkat, biarkan suhu susu tersebut turun sampai hangat sekitar 43 derajad celcius dan kemudian tambahkan bibit yoghurt sekitar 2 – 5% dari susu yang mengental tadi.

4. Diamkan dalam wadah yang tertutup rapat selama kurang lebih 24 jam agar yoghurt mengental, semakin tingi tingkat solidnya (kental) maa akan semakin baik.

5. Kemudian setelah berbentuk yoghurt maka anda bisa tambahkan perasa yang anda suka. Anda boleh menambahkan sirup bika anda suka. Jika anda tidak suka rasa asam anda bisa tambahkan rasa jeruk atau rasa lainnya yang anda suka.

6. Step terakhir dari 6 langkah cara membuat yoghurt adalah proses penyimpanan. Agar yoghurt dapat bertahan lama (bila yoghurt ingin disimpan) maka anda bisa menyimpannya dalam tempat kaca.

cara membuat yoghurt

Nah itulah dia cara membuat yoghurt. Simpel sekali bukan? Sangat mudah dan anda bisa mencobanya di rumah anda, dapur anda yang menjadi laboratorium percobaan anda tentunya. Sekian artikel tentang cara membuat yoghurt, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara Membuat Yoghurt Dengan Praktis
5 (100%) 5 votes

Komentar Untuk Cara Membuat Yoghurt Dengan Praktis :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top