Cara Menanam Tomat Dalam Polybag

KlikPintar – Cara Menanam Tomat. Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini. Buah ini berwarna merah agak oranye ketika matang. Buah tomat biasanya dipergunakan sebagai bahan masakan sayur. Buah tomat mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh manusia, oleh karena itu buah tomat pun banyak dicari oleh banyak orang. Banyak orang yang mencarinya menjadikannya menjadi komoditi yang menguntungkan sehingga banyak orang yang menanamnya. Cara menanam tomat tidaklah terlalu sulit untuk dipelajari asal kita mau belajar dan bukan hanya ingin hasilnya saja tapi juga menyukai prosesnya.

Kali ini kita akan membahas cara menanam tomat pada polibag, cara ini efektif jika kita tidak mempunyai banyak lahan untuk ditanami. Bagaimana caranya? Inilah ulasan cara menanam tomat.

Cara Menanam Tomat

1. Bibit

Step pertama dalam cara menanam tomat adalah menyiapkan bibit. Ada baiknya anda membeli bibit yang sudah jadi dan sudah disemai. Anda tinggal menanamnya, biasanya bibit yang sudah jadi dijual dalam bentuk pohon kecil dalam kantong plastik kecil-kecil. Benih yang tinggal tanam seperti ini membuat lebih mudah untuk tumbuh. Harga bibit tomat sekitar Rp. 100 – Rp 200 per batang.

2. Media Tanam

Anda bisa mengunakan media tanam seperti abu sekam bakar, pupuk kandang dan tanah dengan berbandingan 2 : 1 : 1 . Semua media tanam tersebut di campur rata dan kemudian dimasukan kedalam polybag.

3. Penanaman

Anda dapat menanamnya setelah menunggu media tanam selama 30 hari. Sementara bibit yang sudah jadi boleh langsung ditanam, tetapi jika anda menyemainya sendiri maka anda bisa menunggunya sampai berumut 30 hari.

4. Pemeliharaan

Letakkan polybag ditempat yang tidak kena cahaya matahari langsung. Penyiraman dapat dilakukan 2 x sehari pagi dan sore. Untuk menjaga  tanaman tomat tumbuh tegak anda bisa memasang tongkat penegak.

5. Pemupukan

Anda dapat memberikan pupuk NPK untuk merangsang pertumbuhan dan untuk pembungaan, silakan tanyakan kepada pemilik toko jika anda kurang tahu.

6. Panen

Tomat dapat dipanen setelah pohon berusia kurang lebih 60 –  100 hari setelah tanam.

7. Hama

Ulat tanah dan ulat grayak dapat menyerang pohon tomat anda, anda dapat menggunakan furadan 3g pada pangkal batang untuk menanggulangi ulat tanah dan penyemprotan fungsida untuk menanggulangi ulat grayak.

cara menanam tomat

Nah itulah dia beberapa step cara menanam tomat dalam polybag. Tidak harus dengan polybag, dengan pot-pot lain ataupun kaleng bekas biskuit pun bisa anda manfaatkan. Sekian artikel cara menanam tomat, semoga bermanfaat.

Cara Menanam Tomat Dalam Polybag
4.6 (92%) 5 votes

Komentar Untuk Cara Menanam Tomat Dalam Polybag :

7 comments

  1. Julianto Pezkend

    trimakasih atas bantuanx

  2. Lisa Novytha Sary

    sangat bermanfaat dalam melengkapi tugas ku ,,,
    thank's ,,

  3. hemmm…..tomato..I lv u 🙂

  4. Auxilia Paramitha Putelii

    Sangat2 Bermanfaat

  5. trima kasih atas infonya

  6. mau donk, dimana pesesn benih nya…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top