Inilah 4 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak

KlikPintarCara mengatasi sembelit pada anak tidak jauh berbeda dengan mengatasi sembelit pada orang dewasa. Konstipasi atau sembelit bukanlah penyakit berbahaya, namun sembelit adalah masalah pencernaan. Namun bagi yang sedang mengalaminya, sembelit adalah suatu kondisi pencernaan kita yang terasa sangat tidak nyaman. Namun ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sembelit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa anak masuk ke unit gawat darurat hanya gara-gara masalah pencernaan yang satu ini, sembelit atau konstipasi. Ada beberapa cara mengatasi sembelit pada anak yang dapat anda lakukan agar masalah sembelit tak lagi datang dikemudian hari. Cara mengatasi sembelit tersebut adalah seperti dalam ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak

Cara mengatasi sembelit pada anak

Ilustrasi – Cara mengatasi sembelit pada anak

1. Minum Air

Cara mengatasi sembelit pada anak salah satunya adalah dengan meminum air yang cukup. Tugas orang tua adalah membujuk sang anak agar meminum air lebih banyak. Konsumsi cairan yang lebih banyak akan mengatasi sembelit pada kemudian hari.

2. Konsumsi Serat

Konsumsi serat merupakan hal penting dan ampuh untuk mengatasi sembelit. Konsumsi serat yang baik akan mencegah sembelit. Serat dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.

3. Mandi Air Hangat

Kenapa mandi air hangat menjadi solusi sembelit? Mandi air hangat dapat membuat otot-otot menjadi lebih santai, sehingga buang air besar dapat lebih lancar.

4. Olahraga

Sesekali ajak anak anda berolahraga. Selain berolahraga dapat membuat tubuh bugar, berolahraga juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan anak anda.

Itulah beberapa cara mengatasi sembelit pada anak. Jangan lupa untuk melatih anak anda menggunakan toilet dengan benar dan teratur. Selain beberapa tips diatas, cara mengatasi sembelit pada anak lainnya adalah dengan memberi makanan prebiotik bila perlu, makanan prebiotik mengandung bakteri baik untuk pencernaan.

Inilah 4 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak
4.75 (95%) 4 votes

Komentar Untuk Inilah 4 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top