Cara Menghitung Resistor Hubung Seri dan Paralel Mudah

Cara Menghitung Resistor – Cara menghitung nilai resistor tergantung dari hubungan dari rangkaian resistor tersebut. Resistor dapat dihubungkan secara seri, parallel ataupun kombinasi dari keduanya.

Cara Menghitung Resistor Hubung Seri

Cara menghitung resistor hubung seri untuk nilai hambatan adalah tambahan dari dua atau beberapa resistor yang diseri tersebut sedangkan cara untuk menghitung resistor untuk dayanya adalah sama dengan salah satu resistor. Contohnya cara menghitung resistor 100 ohm diserikan dengan resistor 200 ohm, maka hasilnya adalah penambahan dari 100 ohm dan 200 ohm yaitu 300 ohm, untuk daya sendiri seumpama resistor pertama ½ watt dan resistor kedua ½ watt, maka daya yang dapat ditangani oleh resistor seri ini adalah ½ watt. Berikut caranya:

R_Seri = R1 + R2 + R3 + R4 + … (dan seterusnya)

Contoh: resistor pertama 100 ohm, resistor kedua 250 ohm

R_seri = 100 + 250 = 350 ohm

Cara Menghitung Resistor Hubung Parallel

Cara menghitung resistor hubung paralel berbeda dengan cara menghitung saat rangkaian disusun seri. Ketika rangkaian resistor disusun paralel atau sejajar maka nilai hambatan akan cenderung berkurang, karena rangkaian resistor secara paralel nilainya kurang dari salah satu resistansi individu.Sebaliknya untuk daya yang dapat ditangani adalah penambahan dari daya keseluruhan, contohnya resistor pertama ½ watt dan resistor kedua 1.2watt maka daya keseluruhan yang dapat ditangani adalah 1 watt. Ada cara khusus untuk menghitung resistor parallel yang hanya 2 buah resistor. Berikut caranya:

R_paralel = (R1 X R2)/(R1 + R2)

Contoh = resistor pertama 10 ohm, resistor kedua 5 ohm

R_paralel = (10 X 5)/(10 + 5) = 50/15 = 3,33 ohm

Untuk resistor lebih dari dua, maka perhitungannya sedikit lebih rumit yaitu menambahkan sampai timbal balik dari setiap resistansi untuk memberikan timbale balik gabungan dari R yang dirangkai parallel tersebut.

Cara Menghitung Resistor Secara Parallel:

1/R_paralel = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 + …….(dan seterusnya)

Dari rumus parallel didapat kesimpulan bahwa semakin sedikit resistor yang dihubung parallel maka semakin mudah pula dalam perhitungan nilai resistansi (2 buah resistor). Perhatikan juga untuk nilai hambatan gabungan dari resistor yang diparalel nilainya lebih kecil dari salah satu resistansi individu.

Untuk nilai resistansi diukun dalam ohm atau biasa ditulis lambangnya Ω. Untuk 1.000 Ω cukup ditulis 1KΩ (K/kilo mewakili 1000) sedang kan untuk 1.000.000 Ω cukup ditulis 1 M Ω (M/mega mewakili 1.000.000).

Contoh:

3,3 Ω = 3R3 Ω

3300 Ω = 3,3K Ω = 3K3 Ω

4.700.000 Ω = 4,7M Ω = 4M7 Ω

Semoga artikel cara menghitung resistor ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih atas kunjungannya ke KlikPintar.

Rate this post

Komentar Untuk Cara Menghitung Resistor Hubung Seri dan Paralel Mudah :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top