Inilah 9 Ciri-Ciri Tumbuhan Paku Pakuan

KlikPintar – Inilah Ciri-Ciri Tumbuhan Paku Pakuan. Mengulas masalah tumbuhan rasanya kurang mantab kalau tidak menyinggung masalah tumbuhan paku. Tumbuhan paku kadang menarik perhatian kita sehingga ingin menanamnya karena keunikan yang dimiliki tumbuhan tersebut. Kini, tumbuhan paku pun juga dijual dalam penjualan tanaman hias untuk ditanam disekitar rumah.

Seperti halnya makhluk hidup lain, tumbuhan paku juga memiliki ciri-ciri tersendiri. Ciri-ciri tersebut merupakan tanda pengenalnya sebagai tumbuhan paku. Kali ini kita akan membahas ciri-ciri tumbuhan paku. Kala membahas ini, kita akan diingatkan tentang pelajaran bangku sekolah. Nah, inilah dia ciri-ciri tumbuhan paku atau yang juga mempunyai bahasa latin Pteridophyta, simak paparan dibawah ini.

ciri-ciri tumbuhan paku

Tumbuhan Paku

Ciri-Ciri Tumbuhan Paku

  1. Tumbuhan paku dapat hidup di segala tempat terutama di tempat-tempat yang lembab di tempat kering dan terbuka, dan juga di air
  2. Tumbuhan paku sudah memiliki akar, batang, dan daun sejati, tidak seperti lumut. Oleh karena itu, tumbuhan paku termasuk kormophyta berspora.
  3. Pada akar, batang, dan daun, secara anatomi sudah memiliki berkas pembuluh angkut, yaitu xilem yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar menuju daun untuk proses fotosintesis, dan floem yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan
  4. Habitat atau tempat tumbuhnya tumbuhan paku ada yang di darat, di perairan dan juga ada yang hidupnya menempel.
  5. Saat masih muda, biasanya daun tumbuhan paku menggulung dan bersisik. Ini yang biasanya menjadi keunikan yang menarik.
  6. Reproduksi tumbuhan paku adalah secara aseksual dengan pembentukan gemmae dan reproduksi seksual dengan peleburan gamet jantan dan gamet betina.
  7. Dalam siklus hidup terdapat fase sporofit, yaitu tumbuhan paku sendiri.
  8. Fase sporofit pada metagenesis tumbuhan paku memiliki sifat lebih dominan daripada fase gametofitnya.
  9. Memiliki klorofil sehingga cara hidupnya hidupnya fotoautotrof.

Itulah beberapa ciri-ciri tumbuhan paku yang seringkali hidup liar disekitar kita. Mempelajari ciri-ciri tumbuhan paku ini memang seperti membuka buku-buku pelajaran biologi kita. Jika artikel ciri-ciri tumbuhan paku ini bermanfaat, silakan bagikan/share keteman-teman anda melalui media sosial, selamat belajar dan berbagi.

Inilah 9 Ciri-Ciri Tumbuhan Paku Pakuan
5 (100%) 2 votes

Komentar Untuk Inilah 9 Ciri-Ciri Tumbuhan Paku Pakuan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top