Demam Pada Anak? Jangan Bawa ke Dokter!

KlikPintar – Demam Pada Anak. Sebagai orang tua, tentunya kita sangat khawatir jika anak kita kita yang masih bayi sakit. Entah itu demam atau sakit lainnya. Biasanya bila bayi demam maka akan sering rewel seiring tubuhnya yang mengalami pertambahan panas. Ada pula yang mengatakan “anak sakit itu biasa, jangan keseringan dibawa kedokter”. Apakah itu benar?

Sebagai orang tua, kita dituntut harus mengetahui kapan waktunya anak harus dibawa kedokter. Tahukah anda, balita memang sudah lazim mengalami demam dan itu dapat terjadi beberapa kali setiap tahun. Demam yang sudah lazim ini tidak memerlukan penanganan dokter karena biasanya demam akan hilang setelah tiga hari.

Pilih Obat Herbal Atasi Demam Pada Anak

Saat anak anda terkena demam, usahakan jangan langsung diberi obat kimia dari dokter. Sebagian obat-obatan kimia mengandung efek samping yang beracun dan dapat mengendap didalam tubuh manusia. Kita tidak tahu efek samping berbahaya yang ditimbulkan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Lebih disarankan untuk memilih obat-obatan alami yang sangat kecil akan efek samping berbahaya.

Jangan ke Dokter! Jika

  • Bayi/anak dalam usia balita memang sudah biasa jika terserang demam, jangan bawa kedokter jika demam tidak tinggi yang hanya berlangsung sekitar 2 hari dan kegiatan anak masih aktif normal. Biasanya pada hari ketiga demam akan berangsur sembuh.
  • Bayi terserang batuk pilek ringan selama 5 hari adalah normal, setelah itu bayi akan sembuh pada hari ketujuh. Pada kasus ini jangan bawa ke dokter.
  • Terjadi diare dan muntah sekitar 4 kali sehari, namun tidak lemas.Ini bemum perlu penanganan dokter.

Pada kasus diatas, jangan dibawa kedokter. Dokter yang kurang mengerti akan tetap memberinya obat padahal obat sama sekali tidak diperlukan. Meminum obat memang bisa mempercepat penyembuhan namun dapat membawa efek samping yang berbahaya pada masa mendatang. Dokter yang ahli tidak akan memberikan obat dalam kasus seperti ini dan menyuruh untuk beristirahat, seperti dokter di Eropa penanganan demam pada anak dilakukan jika demam sudah melebihi 3 hari.

demam pada anak

Bawa ke Dokter Jika

• Bila demam tinggi atau dengan suhu tubuh di atas 40 derajat celcius, pada kasus ini disarankan membawanya ke dokter atau Rumah Sakit.
• Bila demam tak kunjung sembuh lebih dari 3 hari dan semakin tinggi.
• Bila kejang atau kesadaran menurun.
• Bila sesak dan sulit bernapas, dengan tanda terdapat gerakan di ujung samping hidung atau napas cuping hidung. Atau terdapat tarikan otot saat bernapas atau cekungan di atas tulang iga tengah di daerah leher bawah atau di perut samping atas
• Bila muntah begitu sering dengan disertai warna hijau, kuning atau merah dan disertai lemas dan tidak aktif lagi
• Bila diare sering lebih dari 5-7 kali disertai lemas dan tidak aktif lagi
• Bila timbul berak darah lebih dari 3 kali dan semakin sering saat hari kedua
• Bila sulit makan lebih dari 3 minggu
• Bila tidak mau makan dan minum sama sekali dan disertai badan lemas
• Bila menangis terus-menerus tanpa diketahui penyebab yang jelas

Nah, itulah sedikit pengetahuan demam pada anak dan kapan kita harus membawa anak ke dokter, Semoga anak-anak kita selalu sehat.

Demam Pada Anak? Jangan Bawa ke Dokter!
4.75 (95%) 4 votes

Komentar Untuk Demam Pada Anak? Jangan Bawa ke Dokter! :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top