Energi Listrik Selain Dari PLN

KlikPintar – Energi Listrik Alternatif. Perusahaan listrik negara (PLN) memang masih menjadi sumber energi listrik yang utama bagi masyarakat Indonesia selama ini. Memang dalam penggunaannya, sampai saat ini PLN masih menjadi pilihan yang praktis untuk mensupplai energi listrik rumahan,. Tapi bagi orang yang kreatif ataupun orang yang kepepet, PLN bukan menjadi pilihan utama untuk mensuplai energi listrik rumahnya, masih banyak pilihan lain untuk mensuplai energi listrik rumahnya.

Banyak orang yang berada jauh dari jaringan listrik atau disebuah daerah terpencil/terisolasi mempergunakan energi listrik alternatif untuk mencukupi energi listrik rumah. Energi listrik alternatif tersebut biasanya memanfaatkan energi dari alam. Kelebihan menggunakan energi listrik alternatif adalah kita bebas menggunakannya tanpa membayar seperti listrik PLN, kita juga tidak pusing memikirkan tarif dasar listrik (TDL). Apa saja sumber energi listrik alternatif yang bersumber dari alam tersebut? Mari kita jabarkan bersama.

Sumber Energi Listrik Alternatif

Sumber energi listrik alternatif tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tenaga Surya

Energi listrik tenaga surya memang menjadi sangat populer untuk dijadikan sumber listrik rumah selain PLN. Dengan menggunakan alat Solar Cell yang menangkap cahaya matahari dan dijadikannya energi listrik. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana kalau malam hari? Tidak masalah, energi listrik dari Solar Cell dapat ditampung ke Baterai/Aki sehingga dapat menjadi cadangan dikala kehilangan cahaya matahari. Metode ini cocok diaplikasikan untuk daerah yang mempunyai intensitas cahaya matahari yang tinggi sepanjang tahun seperti daerah tropis.

2. Tenaga Air

Ini berlaku apabila didekat rumah anda terdapat sebuah sungai yang mempunyai aliran yang cukup deras atau setidaknya sekedar cukup menggerakkan generator listrik. Aliran air menggerakkan kincir dan kincir tersebut menggerakkan generator yang menghasilkan energi listrik, kekurangan metode ini adalah surutnya aliran sungai dimusim kemarau sehingga mempengaruhi besarnya energi listrik.

3. Tenaga Angin

Tenaga angin bisa menjadi penghasil energi listrik alternatif di daerah yang mempunyai angin kencang seperti daerah pantai. Untuk mendapatkannya kita haruslah memasang baling-baling yang akan berputar bila terkena angin, baling-baling tersebut dihubungkan ke generator agar menghasilkan energi listrik. Untuk menghasilkan energi listrik yang lebih besar kita perlu memasang baling-baling dan generator lebih dari satu.

energi listrik alternatif

Nah, banyak sekali kan energi listrik yang dapat kita peroleh dari alam. Dengan memanfaatkannya kita akan terbebas dari membayar biaya PLN bulanan dan tak perlu pusing dengan kenaikan tarif dasar listrik (TDL). Akan tetapi kita harus merawat pembangkit listrik yang kita gunakan untuk menghindari kerusakan sehingga terjadi padamnya listrik, dan walaupun memang akan memakan biaya ekstra untuk memulainya.

Sebenarnya ada lebih banyak lagi sumber energi listrik alternatif yang dapat kita gunakan sebagai sumber listrik rumah, adakah yang mau menambahkan sumber apa lagi yang dapat membangkitkan energi listrik alternatif?

Energi Listrik Selain Dari PLN
5 (100%) 4 votes

Komentar Untuk Energi Listrik Selain Dari PLN :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top