Fungsi Protein, Manfaat Protein Bagi Tubuh

KlikPintar – Fungsi Protein. Mungkin kita sudah banyak mendengar dan membaca istilah protein yang berada dimana-mana, namun apa sih protein itu? Protein merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Pengertian protein dalam ilmu gizi adalah suatu kelompok makronutrisi berupa senyawa asam amino yang berfungsi sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme dalam tubuh.

Tidak seperti bahan struktural seperti lemak atau karbohidrat, protein merupakan kelompok dari makro molekul kompleks yang daiantaranya terkandung nitrogen, hidrogen, okisgen, karbon, fosfor dan sulfur serta terdiri dari beberapa asam amino. Protein tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh manusia, namun dapat dihasilkan dari makanan yang mengandung protein. Protein pertama kali ditemukan oleh Jöns Jakob Berzelius pada tahun 1838. Protein juga menjadi salah satu molekul yang paling sering diteliti dalam biokimia. Apa sajakah fungsi protein untuk tubuh manusia? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Fungsi Protein

1. Menjadi sumber energi, karena setiap gram protein dapat menghasilkan 4,1 kalori.

2. Fungsi protein selanjutnya adalah dapat mengatur metabolisme tubuh.

3. Sebagai pertahanan tubuh karena protein mampu melindungi tubuh dengan cara menghancurkan atau menetralkan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh manusia.

4. Protein sangat penting untuk anak-anak karena protein dapat membantu proses pertumbuhan pada anak. Fungsi protein dalam hal ini sangat penting.

5. Menjadi sumber energi yang utama pada orang yang sedang diet gula.

6. Protein dapat menjadi penyeimbang keasaman pada cairan tubuh. Dengan begitu stabilitas pH bergantung pada protein.

7. Protein adalah bahan dalam sintesis substansi seperti halnya hormon, zat antibodi, dan organel sel lainnya.

fungsi protein

Sumber Protein Nabati

Sumber Protein

Ada banyak sekali sumber protein disekitar kita, diantaranya adalah sumber protein hewani yang berasal dari hewan dan sumber protein nabati yang berasal dari tumbuhan. Contoh dari sumber protein hewani adalah daging, telur, susu dan ikan. Sedangkan contoh sumber protein nabati adalah kacang-kacangan, jintan, biji bunga matahari dan biji labu.

Nah, itulah fungsi protein untuk tubuh manusia. Jika menurut anda artikel tentang fungsi protein ini bermanfaat, silakan share/bagikan kepada teman-teman anda melalui media sosial, semoga bermanfaat.

Fungsi Protein, Manfaat Protein Bagi Tubuh
5 (100%) 3 votes

Komentar Untuk Fungsi Protein, Manfaat Protein Bagi Tubuh :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top