Gejala Penyakit TBC Dan Penyembuhannya

KlikPintar – Gejala Penyakit TBC dan Penyembuhannya. Tuberkulosis atau yang biasa disingkat dengan TBC juga TB adalah penyakit pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri ini memang kerap sekali menginfeksi bagian paru-paru manusia dibanding organ lainnya. Penyakit TBC m,emang berbahaya jika dibiarkan karena bisa menyebabkan kematian. Penyakit TBC merupakan penyakit menular dan hingga kini tidak ada satupun negara yang bebas dari penyakit yang satu ini. Pencegahan dan pengobatan yang baik memang sangat diperlukan.

Penyakit TBC mempunyai gejala-gejala yang dapat dideteksi dan pengobatannya pun memerlukan waktu yang relatif lama karena bakteri yang menyerang sangat kuat. Untuk dapat sembuh diperlukan kedisiplinan dalam minum obat, saat ini TBC merupakan penyakit menular yang masih menjadai perhatian dunia kesehatan.

Gejala Penyakit TBC

Penyakit TBC Mempunyai Gejala Sebagai Berikut :

1. Gejala Utama : Batuk terus-menerus dan berdahak selama tiga pekan atau lebih.

2. Gejala Tambahan Yang Seringkali Dijumpai :

  • Demam atau meriang lebih dari sebulan
  • Badan Lemah dan Lesu
  • Dahak bercampur darah atau batuk darah
  • Turunnya nafsu makan disertai turunnya berat badan
  • Sesak nafas dan rasa nyeri pada dada
  • Berkeringat pada malam hari tanpa penyebab yang jelas

Jika anda atau orang sekeliling anda mempunyai gejala diatas segeralah periksakan ke puskesmas terdekat agar dapat didiagnosis dan dapat diambil langkah yang tepat sebelum terlambat.

penyakit tbc

Penyembuhan Penyakit TBC

Setelah dites dan jika benar-benar terinfeksi TBC maka sang pasien dan orang sekelilingnya harus berjuang untuk kesembuhan sang pasien. Sang pasien harus dimotivasi dan diingatkan untuk meminum obat dari dokter. Maklum, pengobatan TBC memang membutuhkan kedisiplinan dalam minum obat. Pengobatan biasanya dalam jangka panjang sekitar 6 – 9 bulan dan paling sedikit 3 macam obat.

Dalam minum obat, sang pasien harus tuntas dalam meminumnya. Karena jika tidak tuntas malah akan menyebabkan resistensi atau kuman bakteri penyakit malah akan semakin kuat. Keadaan ini akan memperparah penyakit. Jika ini terjadi maka sang pasien harus mengkonsumsi obat yang lebih keras dan mahal.

Sang pasien harus mengkonsultasikan keadaannya pada dokter yang menanganinya tentang pengobatannya. Meminum obat TBC kerap menimbulkan efek samping yang tidak mengenakkan. Konsultasi penting untuk menentukan dosis sesuai kondisi tubuh anda.

Sangat tidak enak kan punya penyakit TBC. Tapi tenang, penyakit TBC bisa dicegah kok. Pencegahannya seperti mengurangi kontak langsung  dengan pengidap TBC, menjaga kebersihan, makan makanan bergizi, dan pemberian vaksin. Mari kita terapkan hidup bersih guna mencegah penyakit TBC.

Gejala Penyakit TBC Dan Penyembuhannya
5 (100%) 4 votes

Komentar Untuk Gejala Penyakit TBC Dan Penyembuhannya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top