Menganalisa Hujan Salju di Mesir

KlikPintar – Menganalisa hujan salju di Mesir. Musim dingin pada bulan Januari terakhir menyisakan beberapa spekulasi tentang kacaunya cuaca di dunia dan bahkan dikaitkan dengan kiamat, ini disebabkan pada terjadinya hujan salju di kota Kairo, Mesir dan juga beberapa daerah di wilayah Saudi Arabia. Kami tidak mengatakan spekulasi tersebut adalah salah, namun kami mencoba menggali dan menganalisa mengapa sampai terjadi hujan salju di Arab dan Mesir.

Sebelum melanjutkan, ada baiknya kita mengetahui tentang musim dingin. Musim dingin di belahan bumi sebelah utara berbeda waktu dengan belahan bumi sebelah selatan. Setiap tahun matahari mengalami pergerakan semu yang menyebabkan matahari berada di utara katulistiwa pada bulan Juli dan berada di selatan katulistiwa pada bulan Januari. Belahan bumi selatan mempunyai musim dingin sekitar bulan Juli saat matahari berada pada belahan bumi utara yang menyebabkan belahan bumi utara mengalami musim panas pada bulan tersebut. Sedangkan belahan bumi utara mengalami musim dingin pada bulan Januari saat matahari berada di selatan garis katulistiwa. Semakin jauh letaknya dari katulistiwa maka akan semakin terasa dingin saat musim dingin.

Analisa Hujan Salju di Mesir

Hujan salju di Mesir memang jarang terjadi akhir-akhir ini, walaupun begitu Mesir tetap mempunyai hawa yang begitu dingin saat awal tahun. Mesir mempunyai lokasi yang jaraknya jauh dari garis katulistiwa/ekuator. Iklim tropis berada pada garis lintang 0 derajad (katulistiwa) hingga 23,5 lintang utara/selatan. Daerah diatas 23,5 derajad lintang hingga 40 derajad lintang disebut iklim subtropis yang memungkinkan turunnya salju. Coba lihat peta berikut ini :

hujan salju di mesir

Setelah melihat peta diatas, bagaimana komentar anda? Bagaimana tanggapan anda terhadap hujan salju di Mesir? Dapat kami katakan disini hujan salju di Mesir adalah hal yang normal karena melihat betapa jauhnya wilayah Mesir dari garis katulistiwa. Sebagian besar Mesir berada diatas 23,5 derajad garis lintang sehingga sebagian besar iklim Mesir adalah subtropis yang mana keadaan tersebut sangat memungkinkan hujan salju di Mesir walaupun begitu jarang.

Itu Mesir, namun tahukah anda ada daerah di Indonesia yang terpengaruh pergerakan semu matahari sehingga daerah tersebut bersalju. Dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah terkadang sering timbul butiran-butiran salju saat bulan Juli tiba, suhu disana pun mencapai -3 derajad celcius. Untuk ulasan lengkap anda bisa baca : Daerah Turun Salju di Indonesia.

Di Indonesia pun ada salju, oleh karena itu jangan kaget jika ada hujan salju di mesir yang notebene lebih jauh dari garis katulistiwa. Hujan salju di Mesir itu normal.

Menganalisa Hujan Salju di Mesir
5 (100%) 1 vote

Komentar Untuk Menganalisa Hujan Salju di Mesir :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top