Inilah Jenis-Jenis OS Pada Smartphone

KlikPintar – Inilah jenis-jenis OS / Operating Systems Pada Smartphone. Sekarang ini banyak sekali orang yang mempunyai smartphone, memang sudah beberapa tahun ini smartphone beranjak populer. Ponsel-ponsel / smartphone yang kini dipegang oleh kebanyakan masyarakat kota kini sudah memiliki OS (Operating System) atau sistem operasi. Bisa jadi, anda juga memilikinya saat ini atau anda membaca artikel ini dengan smartphone.

Kalau komputer atau laptop bisa kita temui sistem operasinya adalah Windows, Linux juga Mac (Khusus Machintos). Maka smartphone juga wajib memiliki OS atau sistem operasi yang berjalan pada perangkat tersebut. Ada bermacam-macam sistem operasi pada smartphone yang silih berganti seiring pergantian zaman. Sistem operasi memungkinkan kita mengubah software pada smartphone atau menginstal software-software kesukaan kita. Apa saja sistem operasi pada smartphone? Ini dia pembahasannya.

OS Pada Smartphone

1. Symbian

Symbian adalah salah satu sistem operasi pada smartphone yang sangat populer pada masanya. Masih ingat Nokia N-gage, Nokia 3650 dan sebagainya? Itu adalah smartphone yang menggunakan sistem operasi Symbian. Sistem operasi Symbian mempunyai beberapa versi seperti S60, S70 dan lain-lain. Aplikasi installer pada sistem operasi Symbian menggunakan ekstensi *.sis. Symbian sangat populer sekitar tahun 2005.

2. Android

Inilah sistem operasi yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Sistem operasi android mengusung perangkat ‘touch sereen’ pada perangkat ponsel. Banyak sekali ponsel yang memakai Android sebagai sistem operasinya, seperti samsung, lenovo sampai HTC. Software installer pada android mempunyai ekstensi *.apk. Android merupakan sistem operasi yang dibuat dari Linux, menggunakan kernel linux. Android mempunyai beberapa versi yaitu Gingerbread, Ice Cream Sandwidch, Jelly Bean dan yang paling anyar sampai artikel ini ditulis adalah Android KitKat.

3. IOS

IOS adalah sistem operasi yang digunakan oleh smartphone Iphone. Iphone dengan sistem operasi IOS pun sangat digemari walaupun masih kalah bersaing dengan Android dari segi popularitasnya. IOS adalah sistem operasi yang berasal dari MAC OS X.

4. Blackberry

Sistem operasi BlackBerry adalah sistem operasi yang datang dari perusahaan BlackBerry. Blackberry OS tidak open source seperti Android, tapi ianya adalah Closed Source seperti IOS.

5. Windows Phone

Sistem operasi Windows Phone berasal dari perusahaan Microsoft. Perusahaan Microsoft sudah lebih dahulu menghadirkan sistem operasi Windows untuk PC dan kini perusahaan tersebut menghadirkan Windows Phone untuk smartphone. Sistem operasi Windows Phone dapat ditemui pada perangkat Nokia, HTC dan lain-lain.

6. Sistem Operasi Lain

Masih banyak sistem operasi lainnya seperti Firefox OS, Sailfish OS, Tizen, Palm dan lain sebagainya. Sistem operasi memang sangat dibutuhkan pada ponsel jaman sekarang.

os smartphone

Memang, sebuah sistem operasi pada smartphone menjadi sebuah keharusan. Sistem operasi pada smartphone tak ubahnya menjadikan sebuah smartphone sama bergunanya seperti laptop ataupun PC. Ada banyak pilihan smartphone dengan berbagai sistem operasinya, smartphone manakah pilihan anda?

Inilah Jenis-Jenis OS Pada Smartphone
4.5 (90%) 2 votes

Komentar Untuk Inilah Jenis-Jenis OS Pada Smartphone :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top