Inilah Manfaat Kopi dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

KlikPintar – Manfaat Kopi Untuk Kesehatan. Minuman ini biasanya diseduh kental dengan rasa yang sedikit pahit. Banyak sekali orang yang menyukainya. Kopi memang sudah menjadi minuman sehari-hari pada kehidupan masa kini selain teh yang juga lazim dinikmati sehari hari. Tidak seperti teh yang menenangkan, kopi konon lebih dapat membuat terjaga dan dapat meningkatkan kinerja bagi penikmatnya.

Banyak sekali anggapan bahwa kopi adalah minuman yang kurang menyehatkan, ternyata anggapan ini adalah salah karena kopi adalah minuman yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Memang, banyak orang yang memanfaatkan kopi untuk dapat terjaga agar dapat kerja lembur. Apa sajakah manfaat dari kopi? Mari kita telusuri manfaatnya. Berikut ulasannya yang kami peroleh dari berbagai sumber.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

1. Mencegah Depresi

Minuman kopi memang dapat mencegah depresi, pada tahun 2011 Archives of Internal Medicine menerbitkan hasil penelitian yang mengemukakan bahwa wanita yang mengkonsumsi satu hingga dua cangkir kopi memiliki resiko terkena depresi 15 % lebih rendah dan 20 % bagi mereka yang minum empat cangkir kopi.

2. Mencegah Diabetes

Sebuah jornal penelitian telah mengungkapkan bahwa meminum kopi dapat menurunkan resiko terkena diabetes. Penelitian ini terdapat dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry yang ada pada tahun 2012.

3. Mencegah Batu Ginjal

Ada beberapa penelitian dan salah satunya dilakukan oleh Harvard yang menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi setiap hari dapat terhindar dari resiko batu ginjal dengan rasio 25 %.

4. Menurunkan Resiko Kanker

Penelitian di Swedia pada tahun 2008 mengemukakan bahwa dengan meminum beberapa cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan resiko terkena kanker lever, payudara, prostat, dan penyakit yang berkaitan dengan obesitas, estrogen, dan insulin. Kopi juga menurunkan resiko terkena penyakit parkinson.

5. Memiliki Antioksidan

Kopi memang mempunyai zat antioksidan yang baik bagi tubuh manusia. Seorang peneliti Harvard menemukan bahwa kopi memiliki zat antioksidan yang banyak.

6. Meningkatkan Metabolisme dan Kinerja

Memang pada beberapa orang mengkonsumsi kopi dapat membuat dirinya lebih terjaga, terhindar dari ngantuk dan meningkatkan kinerjanya untuk bekerja lembur. Kopi juga dapat meningkatkan metabolisme, bahkan kopi hijau dapat menurunkan berat badan.

manfaat kopi untuk krsehatan

Efek Samping Kopi

Nah, kini sudah tahu manfaat kopi bagi kesehatan kan? Tapi tentu ada dampak buruknya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Dampak buruknya bagi kesehatan adalah ganngguan tidur, cemas, gelisah bahkan sampai mengalami kematian. Bagi wanita hamil juga dapat mengalami keguguran dan gangguan PMS. Bagi kami, 3 cangkir kopi adalah sudah banyak untuk setiap harinya. Kopi memang punya manfaat baik, tapi menjadi racun apabila terlalu banyak mengkonsumsinya. Marilah bijak dalam minum kopi agar kita memperoleh manfaat kopi tersebut.

Inilah Manfaat Kopi dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan
4.5 (90%) 2 votes

Komentar Untuk Inilah Manfaat Kopi dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top