Kebakaran Hutan, Ternyata Banyak Dampaknya!

KlikPintar – Dampak Kebakaran Hutan. Sering kali ini kita disuguhi berita tentang kebakaran hutan yang ada di pulau sumatera yang asapnya sampai menyelimuti negeri seberang. Bagi mereka yang berada di daerah sekitar kebakaran hutan maka mereka bisa terkena dampak buruknya seperti asap yang pekat. Kebakaran hutan bisa terjadi karena dipicu panasnya musim kemarau sehingga terkena api sedikit saja api langsung membakar hutan. Penyebab kebakaran hutan lainnya adalah pembukaan lahan perkebunan dengan cara pembakaran hutan, para pengelola perkebunan menyingkirkan pohon-pohon liar dengan cara membakar hutan kemudian setelah itu ditanami tanaman perkebunan, itu adalah cara yang buruk untuk membuka lahan perkebunan sehingga dapat menyebabkan kebakaran hutan yang luas.

Banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari kebakaran hutan, dampak buruk dari kerusakan lingkungan hingga gangguan kesehatan. Beberapa dampak buruk kebakaran hutan adalah sebagai berikut.

Dampak Buruk Kebakaran Hutan

1. Luas hutan akan berkurang karena kebakaran hutan, jumlah pohon pun semakin sedikit. Jumlah pohon yang terlalu sedikit akan menyebabkan suhu udara yang relatif lebih panas.

2. Asap yang menyebar dan terhirup manusia maka bisa menyebabkan ganguan kesehatan seperti gangguan pada pernafasan.

3. Emisi gas karbon yang disebabkan kabakaran hutan di lapisan atmosfer akan berperan dalam fenomena proses penipisan lapisan ozon.

4. Kualitas udara akan menjadi lebih buruk pada masa depan jika pohon-pohon yang mati tidak ditanam kembali karena tidak ada dedaunan yang menghasilkan oksigen.

5. Pohon yang mati akibat kebakaran hutan akan menyebabkan tanah rawan longsor karena kehilangan akar pohon yang mencengkram tanah.

6. Satwa liar pun bisa punah karena kehilangan lingkungan hutan yang biasa mereka tinggali karena kebakaran hutan. Ini berakibat pada tidak seimbangnya ekosistem.

7. Kota yang terkena kabut asap bisa terkena dampak buruk seperti menurunnya wisatawan secara drastis sehingga akan menghilangkan pendapatan pariwisata.

8. Dalam kebakaran hutan yang parah maka kabut asap dimungkinkan akan pekat, kabut asap yang pekat akan sangat memangkas jarak pandang yang bisa berakibat kecelakaan lalu lintas.

kebakaran hutan

Nah, banyak sekali bukan dampak buruk dari kebakaran hutan. Mari kita lestarikan hutan dan menjaga lingkungan tempat hidup satwa-satwa liar agar tidak punah. Semoga dimasa depan kebakaran hutan akan dapat diminimalisir.

Kebakaran Hutan, Ternyata Banyak Dampaknya!
5 (100%) 4 votes

Komentar Untuk Kebakaran Hutan, Ternyata Banyak Dampaknya! :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top