Lihat Juga

5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

KlikPintar – 5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh.  Manfaat Air Putih yang berwarna bening ini memang membawa khasiat baik dalam tubuh dibanding air yang berwarna-warni lainnya.  Banyak dokter yang menyarankan untuk lebih banyak minum air putih, karena manfaat air putih dirasa sangat berguna bagi kesehatan tubuh, banyak sekali manfaat air putih bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah melancarkan pencernaan. Berikut manfaat air putih bagi kesehatan.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

1. Mencegah Sakit Kepala

Siapa yang tahan jika sakit kepala mulai menyerang? Namun sebelum Anda mengonsumsi obat-obatan untuk meredakannya, coba atasi dengan meminum air putih. Menurut para peneliti dari Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya. Inilah manfaat air putih bagi penderita sakit kepala.

2. Membuat Anda tetap Fokus dan Waspada

Dehidrasi adalah penyebab utama rasa lelah yang terjadi sepanjang hari. Jika rasa letih yang Anda rasakan lebih seperti hilangnya fokus dan dorongan kuat untuk tidur siang, coba minum segelas air putih. Minum air putih cukup akan membuat Anda bekerja lebih baik, paling tidak bisa membuat anda tetap fokus. Perlu Anda tahu, tingkat dehidrasi sebesar dua persen bisa memicu masalah memori jangka pendek. Bisa jadi Anda juga akan mengalami kesulitan berfokus pada apa yang sedang Anda baca di layar komputer.

3. Menigkatkan Ketajaman Otak

Berdasarkan penelitian, dehidrasi sebesar satu persen saja dari berat badan Anda sudah dapat mengurangi fungsi-fungsi berpikir Anda. Otak memang membutuhkan banyak oksigen agar dapat berfungsi pada tingkat optimal. Dengan banyak minum air putih, Anda bisa memastikan bahwa otak telah terpenuhi kebutuhannya. Selain itu, minum 8-10 cangkir air putih setiap hari bisa memperbaiki tingkat performa kognitif sebanyak 30 persen.

4. Mencegah Sakit Jantung

Orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas (atau disesuaikan umur) dalam sehari, kemungkinannya untuk meninggal akibat serangan jantung turun sekitar 41 persen dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari, demikian menurut studi selama enam tahun yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology. Selain itu, kebiasaan minum air putih dalam jumlah minimal lima gelas sehari juga akan mengurangi risiko kanker. Tubuh yang tak kekurangan cairan dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 45 persen, kanker kandung kemih hingga 50 persen, dan kemungkinan juga mengurangi risiko kanker payudara.

5. Mengobati Sembelit

Diantara manfaat air putih lainnya, sembelit adalah masalah yang sudah lazim mampu diatasi dengan meminum air putih setiap harinya. Sembelit merupakan masalah klasik banyak orang yang disebabkan kurangnya air dalam tubuh. Untuk menghindari/mencegah sembelit minumlah satu gelas air putih hangat setiap pagi.

manfaat air putih

Nah itulah 5 manfaat Air Putih bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh 5.00/5 (100.00%) 2 votes

Kata Kunci:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top