Lihat Juga

Inilah Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

KlikPintarManfaat Daun Pepaya. Pohon pepaya merupakan pohon yang sangat lazim kita temui dimana-mana, lezat dan bergizi buahnya serta daunnya pun juga sangat bermanfaat. Pohon pepaya tergolong pohon yang cepat tumbuh, tidak sampai bertahun-tahun sudah tumbuh tinggi dan berbuah, selain buah pepaya yang sangat digemari daun pepaya pun sangat bermanfaat. Daun pepaya terkadang juga digunakan sebagai pakan ikan. Manfaat daun pepaya juga dapat memberikan pengaruh baik terhadap kesehatan tubuh manusia, bahkan tidak jarang daun pepaya digunakan untuk membuat jamu.

Daun pepaya yang berwarna hijau ini juga biasa dikonsumsi dengan cara dilalap atau dimakan langsung dan ada juga yang diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Meskipun rasanya pahit, buah ini menjadi populer di masyarakat kita karena mempunyai manfaat baik bagi kesehatan. Apakah saja menfaat daun pepaya tersebut? Mari kita bahas bersama melalui artikel ini.

manfaat daun pepaya

Manfaat Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya adalah sebagai berikut :

1. Memperlancar Pencernaan

Daun pepaya ternyata mempunyai kandungan karpain yang sangat ampuh mengatasi mikroorganisme jahat yang berada dilambung, oleh karena itu pencernaan dilambung pun menjadi lancar kembali setelah mikroorganisme tersebut dihilangkan atau mati.

2. Menghalau Penyakit Demam Berdarah

Salah satu manfaat daun pepaya adalah dapat menghalau penyakit demam berdarah, Untuk mendapatkan khasiat ini, silakan ambil daun pepaya muda sebanyak 5 helai. Kemudian rebus dengan air sebanyak setengah liter air bersih. Biarkan mendidih sampai air menyusut menjadi sekitar tiga perempatnya, dinginkan dan minum tiga kali sehari. Agar rasanya lebih bersahabat dengan lidah anda dapat menambahkan madu atau bahan lain di minuman tersebut.

3. Mengobati Wajah Berjerawat

Tahukah anda bahwa daun pepaya bisa menyembuhkan wajah berjerawat? Anda bisa memanfaatkan daun pepaya menjadi obat jerawat dengan cara menjadikannya masker alami, caranya adalah dengan menggunakan 3 lembar daun pepaya tua yang kemudian dijemur dalam terik matahari. Setelah menjadi layu daun pepaya tersebut di tumbuk sampai lumer/halus. Tambahkan satu sendok air dan masker daun pepaya siap digunakan untuk mengobati jerawat di wajah.

4. Makanan Anti Kanker

Anda bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai makanan anti kanker. Peneliti telah membuktikan melalui penelitiannya bahwa daun pepaya memiliki kandungan zat anti kanker, zat anti kanker tersebut terletak pada getah susu. Dengan mengkonsumsi ekstrak pepaya anda juga dapat melawan sel-sel penyebab kanker sehingga tubuh anda lebih kebal terhadap penyakit kanker.

5. Meredakan Nyeri Haid

Ini merupakan salah satu manfaat daun pepaya yang hanya dapat dimanfaatkan oleh para wanita haid. Canya adalah dengan menggunakan satu lembar daun pepaya muda yang direbus menggunakan 250cc air, asam jawa dan juga garam. Didihkan dan kemudian dinginkan, anda boleh menambahkan madu sebelum diminum.

6. Baik Untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

Ibu hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi daun pepaya. Manfaat daun pepaya dapat diperoleh dengan cara menumisnya dan kemudian dijadikan sayur tumis untuk dimakan. Kandungan vitamin C dalam daun pepaya sangat berguna untuk ibu hamil, serta kandungan zat besi yang tinggi sangat dibutuhkan bagi wanita hamil yang cenderung mudah kekurangan zat besi. Maka bagi anda wanita hamil disarankan untuk mengkonsumsi daun pepaya yang dimasak terlebih dahulu.

Manfaat Daun Pepaya Lainnya

Manfaat daun pepaya ternyata sangat banyak, tidak hanya sebatas yang kita bahas diatas. Pelancar ASI dan penambah nafsu makan adalah manfaat lainnya. Nah, mari kita konsumsi beraneka ragam masakan daun pepaya. Ingat, manfaat daun pepaya itu sangat baik lho.

Inilah Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan 5.00/5 (100.00%) 2 votes

Kata Kunci:

3 comments

  1. Terma kasih tambahan ilmu Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top