Pengertian Komponen Elektronika & Rangkaian Elektronika

Komponen elektronika – adalah komponen – komponen dalam bidang elektronika yang berbentuk fisik dalam suatu sistem elektronik yang dapat mempengaruhi elektron/bidang tersebut. Komponen elektronika bisa juga disebut bagian pembentuk rangkaian elektronik yang mempunyai fungsi masing – masing yang kemudian dikumpulkan dan menjadi sebuah sistem elektronika yang diinginkan.

Komponen elektronika mempunyai dua atau lebih terminal listrik selain antena yang mungkin hanya memiliki satu terminal. Terminal ini terhubung, biasanya disolder ke papan rangkaian atau biasa disebut PCB atau main board untuk membuat rangkaian elektronik dengan kegunaan tertentu (seperti amplifier, penerima radio, atau osilator).

Rangkaian Elektronika: Klasifikasi dan Jenisnya

Komponen elektronika dapat diklasifikasikan menjadi komponen pasif, aktif, atau elektromekanik. Definisi dalam ilmu fisika menerangkan komponen pasif adalah sesuatu yang tidak mampu menyediakan energi sendiri, sedangkan untuk kasus baterai akan disebut komponen aktif jika bertindak sebagai sumber energi. Namun, para ilmuwan elektronika yang melakukan analisis rangkaian memakai definisi yang lebih komplek untuk istilah pasif ini.

Ketika hanya memperdulikan dengan sinyal energi, akan lebih mudah untuk mengabaikan apa yang disebut dengan rangkaian DC dan secara tidak langsung komponen seperti transistor atau IC seperti memiliki energi sendiri (seolah – olah komponen tersebut memiliki baterai built in sendiri), meskipun mungkin pada kenyataannya energi diberikan oleh sirkuit DC. Kemudian, analisis pada rangkaian AC, memungkinkan kita melihat osilator sebagai sumber energi meskipun pada nyatanya osilator ini mengkonsumsi energi yang lebih besar dari catu daya DC, yang mungkin terabaikan. Dalam pembatasan itu, kita mendefinisikan istilah yang digunakan dalam analisis rangkaian.

Rangkaian Elektronika: Pembatasan Jenis Komponen

  • Komponen elektronika aktif bergantung kepada sumber energi (biasanya dari rangkaian DC) dan biasanya dapat memberikan energi listrik ke sirkuit , meskipun ini bukan bagian dari definisi. Beberapa komponen elektronika aktif dapat juga sebagai komponen penguat seperti transistor, triode vacuum tubes (valves), dan tunnel
  • Komponen elektronika pasif tidak dapat memberikan energi ke rangkaian. Komponen ini juga tidak dapat mengandalkan sumber daya, kecuali dari yang terhubung ke rangkaian (AC). Akibatnya komponen elektronika ini tidak bisa memperkuat ( meningkatkan kekuatan sinyal ), meskipun komponen ini dapat meningkatkan tegangan atau arus (seperti yang dilakukan trafo/transformator ataupun rangkaian resonansi). Komponen elektronika pasif diantara memiliki dua terminal seperti resistor , kapasitor , induktor , dan transformator.
  • Komponen elektronika elektromekanik dapat melakukan operasi elektrik dengan menggunakan bagian yang bergerak atau dengan menggunakan sambungan listrik.

Semoga artikel tentang pengenalan komponen elektronika & rangkaian elektronika ini dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih atas kunjungannya ke KlikPintar.

Rate this post

Komentar Untuk Pengertian Komponen Elektronika & Rangkaian Elektronika :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top