Lihat Juga

Klasifikasi Hewan Panda

KlikPintar – Klasifikasi Hewan Panda. Panda adalah hewan yang sangat lucu bagi sebagian besar orang, bentuknya yang lucu disertai dengan warnanya yang putih dengan belang-belang hitam menambah kesan imut akan hewan ini. Imutnya panda juga terbukti ketika banyak sekali boneka-boneka yang mengusung binatang ini sebagai modelnya. Tapi tahukah anda bahwa panda diklasifikasikan sebagai hewan beruang? Ya benar, beruang. Biasanya beruang membuat takut karena sisi buasnya, tapi beruang yang satu ini malah menarik hati manusia. Panda besar juga termasuk hewan yang terancam punah karena habitatnya yang terancam dan tingkat kelahirannya sangat rendah. Panda juga menjadi lambang World Wildlife Fund (WWF) sebuah organisasi pelestarian alam.

Klasifikasi Hewan Panda

Panda (Ailuropoda melanoleuca) merupakan hewan mamalia yang biasanya diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang, merupakan hewan asli Tiongkok tengah. Panda Besar tinggal di wilayah pegunungan, seperti Sichuan dan Tibet. Hewan ini ternyata hampir hanya memakan bambu saja meski secara taxonomi diklasifikasikan sebagai karnivora. Berikut adalah klasifikasi hewan panda.

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo:   Carnivora
Famili: Ursidae
Genus: Ailuropoda
Spesies: A. melanoleuca
Nama binomial: Ailuropoda melanoleuca

klasifikasi hewan panda

Selain makan bambu, panda juga memakan telur dan juga serangga. Saat makan telinga panda bergoyang-goyang saat mengunyah. Selama puluhan tahun, klasifikasi taksonomi panda yang tepat diperdebatkan karena baik Panda Besar maupun Panda Merah memiliki ciri-ciri seperti beruang dan rakun. Tetapi pengujian lebih lanjut memantapkan klasifikasi panda masuk dalam keluarga beruang.

Walaupun lucu hewan panda ini bukan hewan untuk dipelihara ya. Hewan ini dilindungi karena terancam kepunahan. Mari kita ikut menjaganya agar terhindar dari kepunahan dengan cara mencegah perburuan ilegal pada panda dan mencegah perdagangan ilegal hewan hewan panda.

Nah, sudah tahu bukan tentang klasifikasi hewan panda. Hewan panda memang sangat lucu dan menggemaskan, anda pun bisa melihat hewan panda di kebun binatang terdekat anda jika memang tersedia. Nah sekian artikel tentang klasifikasi hewan panda ini semoga artikel ini bermanfaat dalam materi klasifikasi hewan panda.

 

Klasifikasi Hewan Panda 5.00/5 (100.00%) 4 votes

Kata Kunci:

6 comments

  1. akhirnya tugas biologi ku bisa selesai juga……

  2. thanks,,,
    uda membantu mengerjakan tugas

  3. thankk, dh bantu buat tgs bio

  4. Aditya Syach Ramadhan

    thanks udah bantu saya

  5. thankk,udah bntu tgas bio,q:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top