Jenis – Jenis Kapasitor yang Banyak Dipakai di Elektronika

Macam-Macam Jenis Kapasitor – Kapasitor merupakan salah satu komponen elektronika pasif yang dipakai untuk menyimpan muatan listrik. Kapasitor adalah salah satu bahan komponen elektronika yang juga sering digunakan seperti resistor. Untuk cara kerja kapasitor adalah dingaruhi oleh jenis-jenis kapasitor sendiri. Jenis-jenis kapasitor beragam tergantung dari bahan pembuatan (dielektrik) dan sifat kapasitor sendiri. Berikut adalah jenis-jenis kapasitor yang sering dipakai.

Macam – Macam Jenis Kapasitor yang Banyak Dipakai

  • Kapasitor keramik

Kapasitor keramik merupakan kapasitor yang terbuat dari dielektrik keramik. Biasanya dielektriknya terdiri atas campuran seperti titanium oksida dan juga bahan oksida lainnya. Dalam pemasangannya boleh dibolak balik karena tidak mempunyai kutup positif ataupun negatif. Bentuk kapasitor adalah biasanya bulat tipis, selain itu ada juga yang berbentuk persegi empat. Untuk kapasitas jenis kapasitor ini cenderung kecil, antara beberapa piko Farad (pF) hingga ratusan nano Farad (nF). Nilai kapasitor adalah dapat diketahui dari badannya, biasanya terdiri dari 3 digit, 2 digit untuk nilai dan 1 digit terakhir untuk kelipatan 10 dalam piko, misalnya pada sebuah kapasitor terdapat nilai 503, maka nilainya adalah 50 x 1000(digit terakhir 3) = 50 piko farad.

  • Kapasitor Kertas

Kapasitor kertas merupakan jenis kapasitor yang mempunyai bahan dielektrik dari kertas diantara lembaran alumunium. Kapasitasnya sendiri cenderung kecil berkisar antara piko Farad hingga beberapa nano Farad. Kegunaan kapasitor ini biasanya dipakai pada rangkaian oscilator dengan nilai tergantung dari jangkauan gelombang oscilator yang diinginkan seperti medium wave (MW) ataupun short wave (SW).

  • Kapasitor Variabel (Varco)

Varco adalah kapasitor yang dapat diatur nilai muatannya (variabel). Varco mempunyai bahan dielektrik udara dengan 2 plat yang, satu plat bersifat statis (tidak bergerak) dan plat yang satunya dapat digerakkan untuk mengatur nilai muatannya (rotor). Untuk mengubah nilai varco bisa diputar knobnya, knob tersebut digunakan untuk mengubah luas plat yang saling berhadapan sehingga nilai varco juga berubah. Fungsi dari varco yang diubah-ubah ini adalah untuk mencari frekuensi yang diinginkan. Untuk bahannya sendiri biasanya terbuat dari alumunium.

  • Kapasitor Elektrolit (Elco)

Elco adalah kapasitor yang mempunyai kutub polaritas positif dan negatif. Fungsi elco sendiri adalah hampir sama dengan yang lainnya yaitu menyimpan muatan, akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai salah dalam menentukan kaki komponen. Untuk yang panjang mempunyai polarita positif sedangkan yang pendek mempunyai polaritas negatif, jika sampai salah memasang kaki komponen maka dipastikan elco akan terbakar/meledak. Fungsi elco biasanya digunakan untuk penyearah tegangan, dari arus bolak-balik (AC) diarahkan menjadi arus searah (DC), jadi fungsi elco bisa dijabarkan sebagai penyimpan muaran arus searah. Untuk nilai elco sendiri sudah terdapat dalam badan elco yang berbentuk bulat dengan nilai rentang antara beberapa mikro farad (uF) hingga ribuan mikro Farad atau beberapa Farad.

Jenis-jenis kapasitor diatas adalah yang sering digunakan dalam rangkaian elektronika, Semoga artikel jenis-jenis kapasitor ini bermanfaat untuk anda, terima kasih telah mengunjungi KlikPintar.

Rate this post

Komentar Untuk Jenis – Jenis Kapasitor yang Banyak Dipakai di Elektronika :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top