Inilah 6 Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

KlikPintar – Kebanyakan orang di Indonesia lebih mengenal ketan hitam daripada beras hitam, manfaat beras hitam pun sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Beras hitam berbeda dengan ketan hitam meskipun mempunyai warna yang sama. Dalam catatan sejarah negeri Cina, beras hitam adalah makanan terlarang untuk dimakan karena yang boleh memakannya hanyalah keluarga kerajaan. Beras hitam lebih jarang dikonsumsi dibanding beras merah dan beras puith biasa.

Kandungan nutrisi yang ada pada beras hitam juga kaya dan beragam, itulah yang membuat manfaat beras hitam menjadi sangat baik bagi kesehatan. Rasa beras hitam pun tidaklah sepulen beras putih, untuk memasak beras hitam ini anda akan memerlukan lebih banyak air. Selain manfaat beras hitam yang begitu baik, aroma beras hitam yang telah matang pun menggoda selera. Nah, apa saja manfaat beras merah bagi kesehatan manusia? Silakan simak ulasan tentang manfaat beras hitam berikut ini.

manfaat beras hitam

Tanaman Padi Beras Hitam

Manfaat Beras Hitam

1. Mengatasi Anemia

Manfaat beras hitam yang pertama adalah mengatasi anemia. Kandungan zat besi yang ada dalam beras hitam sangat kaya, oleh karena itulah beras hitam dapat mencegah dan mengatasi anemia.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Serat yang tinggi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan serat dalam beras hitam sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Yuk makan beras hitam.

3. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang dijabarkan pada point 2, beras hitam mempunyai kandungan serat. Kandungan serat tersebut sangat baik untuk kesehatan pencernaan serta dapat melancarkan pencernaan.

4. Mencegah Kanker

Menurut sebuah penelitian, kandungan antosianin dalam beras merah ini sangat baik untuk mencegah kanker. Antosianin adalah antioksidan yang sangat kuat.

5. Rendah Kalori

Kalori beras hitam memang paling rendah daripada beras-beras lainnya. Oleh karena itu mengkonsumsi beras hitam lebih mencegah diabetes karena kalori yang rendah berkaitan dengan indeks glikemik. Indeks glikemik menunjukkan seberapa besar suatu makanan meningkatkan kadar gula darah. Indeks glikemik yang tinggi akan memicu gula darah yang tinggi. Oleh karena itu beras hitam sangat direkomdasikan untuk penderita diabetes.

6. Mengurangi Peradangan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa beras merah dapat mengurangi peradangan. Beras merah ternyata dapat menekan pelepasan histamine yang menyebabkan peradangan.

Itulah beberapa manfaat beras hitam bagi kesehatan tubuh manusia. Makanlah makanan yang sehat dan alami agar tubuh tetap sehat,untuk mendapatkan manfaat beras hitam anda dapat menyisipkan beras hitam kedalam menu makan harian anda.

Inilah 6 Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan
5 (100%) 3 votes

Komentar Untuk Inilah 6 Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top