Inilah 5 Manfaat Hutan Bakau Bagi Kehidupan

KlikPintar – Tanpa disadari, manfaat hutan bakau menjadi begitu penting bagi manusia. Hutan bakau adalah hutan yang biasa tumbuh di atas rawa-rawa, berair payau, serta terletak pada garis pantai yang dipengaruhi pasang surut air laut (pesisir). Tumbuhan bakau mempunyai bersifat unik karena mempunyai gabungan ciri-ciri tumbuhan yang hidup di darat dan di laut. Pada umumnya tumbuhan bakau mempunyai sistem perakaran yang menonjol (akar napas/pneumatofor), itu adalah sebagai suatu cara adaptasi terhadap keadaan tanah yang miskin oksigen. Hutan bakau disebut juga sebagai hutan mangrove.

Banyak orang yang memperjuangkan kelestarian hutan bakau atau mangrove karena manfaat hutan bakau yang baik bagi kita. Lalu apa saja manfaat hutan bakau untuk manusia dan lingkungan? Untuk itu silakan simak ulasan manfaat hutan bakau yang ada dibawah ini.

Manfaat Hutan Bakau

manfaat hutan bakau

Hutan Bakau

1. Melindungi Erosi dan Abrasi Pantai

Manfaat hutan bakau dipantai adalah dapat melindungi pantai dari terkikisnya daratan pantai dari arus air dengan badan tubuh tumbuhan bakau yang memecah ombak dan akar tumbuhan bakau yang mengikat tanah.

2. Sebagai Sarang Hewan

Tahukah anda bahwa manfaat hutan bakau sangat membantu para nelayan atau para pemburu udang. Itu karena hutan bakau atau mangrove merupakan empat hidup dan berkembang biak berbagai satwa liar seperti ikan, udang, kepiting, burung, monyet dan lainnya.

3. Menghasilkan Oksigen

Tumbuhan tentu melakukan aktivitas fotosintesis. Aktivitas ini juga dilakukan oleh tumbuhan bakau, oleh karena itulah hutan bakau atau mangrove menghasilkan oksigen serta mitigasi perubahan iklim melalui penyerapan CO2.

4. Memiliki Potensi Wisata

Hutan bakau tidak saja bermanfaat bagi lingkungan, tapi juga memiliki potensi wisata. Hanya saja untuk mengembangkannya perlu diimbangi dengan menjaga kelestariannya.

5. Kayu

Kayu dari tumbuhan bakau dapat dimanfaatkan menjadi hal yang mempunyai nilai ekonomi. Kayu dari tumbuhan bakau dapat digunakan menjadi bahan baku bangunan serta perabit rumah tangga.

Itulah beberapa manfaat hutan bakau untuk lingkungan dan kehidupan manusia. Kita sebagai manusia sudah seharusnya menjaga kelestarian tumbuhan bakau agar manfaat hutan bakau dapat terus kira rasakan.

Inilah 5 Manfaat Hutan Bakau Bagi Kehidupan
5 (100%) 2 votes

Komentar Untuk Inilah 5 Manfaat Hutan Bakau Bagi Kehidupan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top