Inilah Kandungan Gizi & Manfaat Jamur Kuping

KlikPintarManfaat jamur kuping memang baik untuk kesehatan tubuh, namun belum banyak orang yang mengetahuinya. Jamur kuping memiliki nama latin Auricularia auricula. Jamur ternyata memiliki jenis yang beragam, ada jamur yang beracun dan ada juga jamur yang memiliki manfaat baik utnuk kesehatan tubuh manusia seperti jamur kuping ini dan jamur tiram. (Baca juga : Manfaat jamur tiram putih).

Jamur kuping adalah salah satu kelompok jelly fungi yang masuk ke dalam kelas Basidiomycota dan mempunyai tekstur jelly yang unik. Kenapa jamur ibi desebut jamur kuping? Itu karena bentuk tubuh buahnya melebar seperti daun telinga manusia atau kuping. Jamur kuping memiliki kandungan gizi yang kaya, sehingga manfaat jamur kuping baik bagi kesehatan tubuh manusia. Mari kita bahas kandungan gizi dan manfaat jamur kuping.

Manfaat jamur kuping bagi kesehatan

Manfaat jamur kuping bagi kesehatan

Kandungan Gizi Jamur Kuping

Manfaat jamur kuping yang baik untuk kesehatan, tidak lepas dari kandungan gizi jamur kuping tersebut. Tercatat ada kadar air, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu dan energi sebesar 351 kkal.  72% lemaknya adalah lemak yang aman dikonsumsi. Vitamin B-1, B-2, dan C terdapat dalam jamur ini. Selain itu terdapat kandungan mineral K, P, Ca, Na, Mg, Cu serta beberapa elemen lainnya. Juga mempunyai kandungan serat 7,4 – 27,6%, Nutrisi per 100 gram adalah air 14.8 g, energi 284 kkal, karbohidrat 73 g, protein 9.25 g, lemak 0.73 g, serat 70.1 g, ampas 2.21 g.

Manfaat Jamur Kuping Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat jamur kuping bagi kesehatan. Tidak kalah dengan jamur tiram, jamur kuping mempunyai manfaat mengurangi penyakit panas dalam dan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar. Tidak hanya disitu saja manfaat jamur kuping, lendirnya dapat mendetox tubuh karena dapat menonaktifkan zat-zat racun yang terbawa masuk kedalam tubuh, selain itu lendir jamur kuping dapat mencegah kanker dan penggumpalan darah. Selain itu manfaat jamur kuping dapat digunakan untuk mengatasi darah tinggi, kekurangan darah atau anemia, mengobati penyakit wasir (ambeien), dan memperlancar proses buang air besar.

Itulah beberapa manfaat jamur kuping bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Inilah Kandungan Gizi & Manfaat Jamur Kuping
5 (100%) 1 vote

Komentar Untuk Inilah Kandungan Gizi & Manfaat Jamur Kuping :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top