Inilah 9 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

KlikPintar – Kenapa orang banyak yang melakukan olahraga lari pagi, yah karena manfaat lari pagi begitu baik untuk kesehatan. Namun banyak juga orang yang memilih bermalas-malasan dan tidak mau berolahraga, padahal olahraga pada pagi hari sangatlah baik untuk kesehatan tubuh manusia. Banyak orang yang berdalih tidak kuat lari, lalu tidak melakukan olahraga. Apakah anda termasuk seperti orang tersebut? Wah, segera ubah kebiasaan anda sebelum terlambat.

Manfaat lari pagi memang begitu baik untuk tubuh manusia. Dimana udara pagi masih sejuk dan masih bersih dari polusi udara, waktu pagi memang sangat baik untuk kesehatan. Olahraga dengan berlari pagi merupakan olahraga yang murah, anda cukup mencari spot atau tempat yang cocok kemudian mulai berlari. Nah, apa sajakah manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh manusia? Untuk mengetahuinya, silakan simak ulasan berikut ini.

Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

1. Menyehatkan Jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa melakukan aktivitas olahraga lari pagi dapat menyehatkan jantung karena dapat menekan gangguan tekanan darah. Selain itu lari pagi juga bermanfaat untuk mengurangi masalah yang dari kolesterol seperti penyakit jantung.

2. Memperbaiki Kualitas Tidur

Tahukah anda bahwa lari pagi adalah salah satu cara mengatasi insomnia atau gangguan tidur? Ya, berolahraga lari pagi adalah salah satu cara untuk memperbaiki kualitas tidur. Tidur anda kurang baik? Yuk olahraga!

3. Mencegah Impotensi

Ini adalah manfaat lari pagi bagi pria. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa banyaknya kalori yang dibakar melalui lari pagi per minggu dapat mengatasi disfungsi ereksi.

4. Tubuh Menjadi Kebal

Manfaat lari pagi selanjutnya adalah tubuh menjadi lebih tahan gempuran penyakit. Sebuah studi di Swedia menyebutkan bahwa orang yang rutin berlari dapat lebih terhindar dari flu hingga 18% daripada mereka yang tidak berolahraga.

5. Terhindar Dari Stress

Lari pagi juga dapat menghindarkan dari stress. Saat lari pagi anda dapat berbincang atau mendengarkan musik. Suasana yang menyenangkan dapat menghindarkan dari stress.

6. Mencegah Diabetes

Orang yang rutin lari pagi akan memiliki badan yang lebih sehat. Penyakit jarang mendekat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin lari pagi akan mengurangi resiko diabetes sebanyak 5%.

7. Memperkuat Tulang Kaki

Lari pagi juga melatih kaki-kaki kita agar menjadi lebih kuat. Lari pagi juga merangsang regenerasi sel-sel tulang yang bermanfaat untuk kepadatan tulang. Ingin tulang dan kaki kuat? Yuk lari pagi!

8. Menyehatkan Paru-Paru

Berlari di pagi hari sangatlah baik untuk paru-paru. Berlari disaat udara masih segar dan bersih merupakan aktivitas yang sehat. Saat itulah tubuh kita terpicu untuk bernafas lebih kuat dan lebih banyak oksigen yang masuk ke paru-paru dan membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

9. Menjaga Stamina

Manfaat lari pagi selanjutnya adalah dapat menjaga stamina. Memang, lari akan menguras energi tapi selain itu dengan berlari juga akan menghasilkan energi. Ini membuat metabolisme tubuh menjadi baik dan menjaga stamina tubuh.

Itulah beberapa manfaat lari pagi bagi kebugaran tubuh kita. Anda dapat berlari pelan-pelan dan santai namun pasti. Larilah sekitar 45 menit dan sekitar 3 – 4x sehari. Yuk lari pagi karena manfaat lari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Inilah 9 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan
5 (100%) 3 votes

Komentar Untuk Inilah 9 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top