Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

KlikPintar.comManfaat Menangis Untuk Kesehatan. Menangis sudah menjadi identitas dari manusia. Manusia maya yang belum pernah menangis? kalaupun ada maka ia tidak normal. Menagis merupakan hal yang pertama kali dilakukan oleh generasi Adam dan Hawa sebelum mampu untuk tertawa, berbicara, dan berjalan. Sebagai contoh jika seorang bayi yang baru lahir tidak menangis maka akan dipertanyakan mengapa bayi tersebut tidak menagis dan dilakukan cara agar si bayi bisa dapat menangis. Suara tangisan seorang bayi saat baru lahir merupakan sebuah kebahagiaan yang luar biasa bagi orang tuanya terutama ibu yang melahirkannya. Menangis pun sebagai tanda bahwa bayi yang dilahirkan adalah normal.

Bilamana anda ingin menangis, maka menangislah, menangis itu tidak dilarang kok. Biarkan mereka yang diluar sana berpendapat bahwa anda adalah orang yang cengeng atau apa.  Setelah menangis anda akan merasakan ketenangan, lega, dan banyak hal yang dapat anda rasakan setelah menagis.

manfaat menangis

Manfaat Menangis

Menangis mempunyai manfaat tersendiri bagi kesehatan kita. Berikut ini beberapa manfaat menangis bagi kesehatan antara lain:
  1.  Membantu Memperjelas Penglihatan. Keluarnya air mata pada saat proses menangis berlangsung, akan membuat membran mata kita menjadi basah. dengan basahnya membran mata akan membuat penglihatan kita semakin jelas. Karena jika membran mata dehidrasi maka akan mengakibatkan kaburnya penglihatan.
  2. Membunuh Bakteri. Air mata lebih ampuh dari obat mata yang dijual di apotek atau toko-toko. Dengan keluarnya air mata maka bakteri yang ada di dalam mata juga akan keluar atau bakteri yang ada di dalam mata akan mati. Dalam air mata terdapat lisozom yang dapat membunuh bakteri 90 sampai 95%  dibandingkan dengan obat tetes mata yang di jual saat ini.
  3. Membantu Mengeluarkan Racun. Racun yang ada di dalam mata seorang ahli kimia menyatakan bahwa saat seseorang menangis dan mengeluarkan air mata karena emosi, maka air mata tersebut mengandung racun. Dengan menangis maka racun yang ada di dalam tubuh akan keluar.
  4. Melegakan Perasaan. Menangis merupakan suatu ekspresi dimana perasaan saat itu sedang terjadi. Setelah menangis apa yang ada di dalam hati atau dalam pikiran kita akan merasa lebih ringan. Baik itu emosi, kekecewaan, dan lain sebagainya akan merasa lebih lega. Saat belum menangis, kita merasakan kepenatan yang luar biasa menyesakkan dada. tetapi, setelah menagis apa yang terjadi? Ya kita akan merasakan lebih tenang, lebih lega dari sebelmnya. jadi jika ingin menangis maka menangislah.
  5. Meningkatkan Mood. Menangis dapat meningkatkan mood. Saat emosi sedaang memuncak dan akhirnya menangis, maka setelah menagis akan mendapatkan sesuatu yang baru yaitu kelegaan terhadap perasaan yang ada. Dengan munculnya rasa lega tersebut akan berpengaruh terhadap mood seseorang. Air mata karena emosi mengandung albumin yang dapat meregulasikan metabolisme dalam tubuh.
  6. Mengurangi Stress. Dengan menagis kita dapat meluapkan apa yang ada di dalam pikiran kita. Dengan adanya luapan emosi itu, secara tidak langsung akan mengurangi stress yang menghinggap di diri kita.
Manfaat Menangis Bagi Kesehatan
5 (100%) 3 votes

Komentar Untuk Manfaat Menangis Bagi Kesehatan :

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top