Inilah 4 Manfaat Tumbuhan Lumut Bagi Manusia

KlikPintarManfaat Tumbuhan Lumut. Lumut adalah tumbuhan kecil yang sering kali tumbuh disekitar kita. Kadang kita sebal jika tembok dirumah kita ditumbuhi oleh lumut. Pada umumnya lumut tumbuh pada permukaan yang lembab, oleh karena itu lumut tumbuh subur pada musim hujan. Tumbuhan lumut bukanlah tumbuhan sempurna. Tumbuhan ini belum mempunyai akar dan sebagai penggantinya lumut menyerap zat hara menggunakan rizoid (semacam akar). Walaupun begitu tumbuhan lumut bisa berfotosintesis. Sebelum membahas manfaat tumbuhan lumut, kita perlu tahu bahwa tumbuhan lumut merupakan tumbuhan pelopor sebelum ada tumbuhan lain. Jadi manfaat tumbuhan lumut yang pertama adalah menjadi pembuka jalan bagi tumbuhan lain untuk hidup.

Tumbuhan lumut memang banyak macamnya, ada yang tumbuh tipis melebar dan ada juga yang tebal. Lumut juga bisa tumbuh dipermukaan batu. Nah, apa sajakah manfaat tumbuhan lumut bagi manusia? Silakan simak ulasan berikut ini.

Manfaat Tumbuhan Lumut

1. Mencegah Erosi dan Banjir

Manfaat tumbuhan lumut yang pertama adalah dapat mencegah erosi dan banjir. Permukaan tanah yang ditumbuhi lumut akan menjadi lebih padat dibandingkan permukaan tanah yang gundul, oleh karena itu tanah lebih sulit terkena erosi. Tumbuhan lumut juga mencegah terjadinya banjir. (Sumber : wikipedia)

manfaat tumbuhan lumut

2. Tumbuhan Perintis

Tumbuhan lumut juga dapat melapukkan batu sehingga perlahan-lahan permukaan batu yang ditumbuhi lumut dapat menjadi tanah. Setelah menjadi tanah barulah tumbuhan lain dapat hidup.

3. Untuk Pengobatan

Lumut ternyata memang serbaguna. Manfaat tumbuhan lumut yang mempunyai manfaat langsung bagi manusia adalah sebagai pengobatan. Berdasarkan penelitian di China, ada sekitar 40 jenis lumut yang dapat digunakan sebagai obat gatal dan penyakit lain yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

4. Untuk Dekorasi

Inilah manfaat tumbuhan lumut yang berperan untuk memperindah citra ruang. Beberapa jenis lumut memang kerap digunakan untuk dekorasi ruang.

Itulah beberapa manfaat tumbuhan lumut untuk kehidupan manusia secara langsung maupun tidak langsung. Memang tumbuhan ini kecil dan menyebalkan jika tumbuh didinding karena menyebabkan dinding seperti terkena noda, namun siapa sangka manfaat tumbuhan lumut begitu baik.

Inilah 4 Manfaat Tumbuhan Lumut Bagi Manusia
4.67 (93.33%) 3 votes

Komentar Untuk Inilah 4 Manfaat Tumbuhan Lumut Bagi Manusia :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top