Mengenal Jenis-Jenis Jaringan Komputer

KlikPintar – Mengenal Jenis-Jenis Jaringan Komputer. Bagi seorang yang sehari-hari berkutat dengan komputer atau bagi seorang yang memang belajar teknik komputer tentu sudah sangat familiar tentang jaringan komputer, tapi bagi orang awam mungkin ada yang belum tahu apa itu jaringan komputer. Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari komputer-komputer (lebih dari satu) yang dapat berkomunikasi dan dapat mengakses informasi.

Jaringan komputer tentu bervariasi jenisnya tergantung pada sistem jaringan itu sendiri. sebagai contoh untuk menghubungkan antar komputer didalam kantor maka dibutuhkan sistem jaringan tertentu yang berbeda dengan sistem yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan internet.

Ada berapa macamkah jenis-jenis jaringan komputer itu? ini dia penjelasannya :

1. Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali mengunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Nah disinilah peran sebuah jaringan internet bekerja. Kino dengan jaringan internet orang di Indonesia dapat berkomunikasi dengan orang di Italia. Orang di Yerusalem bisa bertukar informasi dengan orang Yogyakarta. Biasanya untuk melakukan hal ini di perlukan sebuah mesin yang di sebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemah yang di perlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.

2. Local Area Network (LAN)

Merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa meter. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstatioan dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik- pabrik untuk memakai sumber daya (resaource, misalnya printer) secara bersama-sama dan saling bertukar informasi.

jenis-jenis jaringan komputer

3. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor- kantor perusahaan yang terletak berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang daya dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan Televisi Kabel.

4. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network hampir sama dengan MAN ataupun LAN tetapi jaringan ini mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mancakup sebuah negara bahkan antar benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin- mesin yang bertujuan utuk menjalankan Program-program (Aplikasi) pemakai.
5. Wireless ( Jaringan Tanpa Kabel )
Nah, yang ini mungkin orang-orang banyak yang menyebutnya dengan WiFi (wireless fidelity). Jaringan ini memungkinkan sebuah perangkat komputer berhubungan dengan komputer lain tanpa mempergunakan kabel,m jaringan ini membuat koneksi semakin praktis karena jika anda sedang berada di dalam mobil, anda bisa tetap terhubung dengan baik. Saat ini jaringan Tanpa Kabel sudah marak di gunakan dengan meamnfaatkan jasa satelit dan mampu memberi kecepatan akses yang lebih cepat di bandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
Mengenal Jenis-Jenis Jaringan Komputer
5 (100%) 2 votes

Komentar Untuk Mengenal Jenis-Jenis Jaringan Komputer :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top