Pengertian, Fungsi Resistor & Macam – Macam Jenis Resistor

Fungsi Dan Pengertian Resistor – Resistor merupakan salah satu komponen pasif elektronika yang mempunyai sifat melawan terhadap arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian. Fungsi resistor adalah dimanfaatkan untuk mengontrol nilai arus atau jumlah tegangan dalam rangkaian elektronika.Fungsi resistor lainnya adalah sebagai perbandingan potensial terhadap arus yang mengalir dengan memberikan hambatan terhadap arus tersebut sehingga.

Fungsi Resistor Berdasarkan Jenis – Jenis resistor

Resistor dalam rangkaian elektronika dibagi dalam 2 kategori utama:

  1. Fungsi Resistor Linear

Fugsi resistor linear sendiri adalah dasar dari ilmu resistansi yaitu pengontrol tegangan atau arus yang dapat dihitung dengan hokum ohm.

  1. Fungsi Resistor Nonlinear

Fungsi resistor ini adalah sebagai pengontrol resistansi tetapi nilainya tidak linear. Berikut adalah resistor non linear yang sering dipakai dalam rangkaian elektronika diantaranya:

  • Fotoresistor

Fungsi resistor ini adalah pembagi potensial yang menyebabkan terjadinya perubahan tegangan sesuai intensitas cahaya yang mengenai fotoresistor. Besar tahanannya dapat mencapai jutaan saat dalam kegelapan dan akan semakin kecil sampai ratusan ohm saat ada cahaya yang mengenainya(terang). Jadi secara umum pengertian resistor ini adalah resistansi yang dikendalikan oleh intensitas cahaya, smakin terang cahaya yang mengenai smakin kecil hambatannya. Salah satu pengaplikasian resistor jenis ini adalah pengotrol lampu otomatis diluar rumah.

  • Termistor

Fungsi resistor ini adalah sebagai resistansi yang dipengaruhi oleh perbedaan panas yang lumayan besar. Termistor sendiri dibagi menjadi 2 yaitu Koefisien temperatur positif (PTC) dan koefisien temperatus negative (NTC). Pada termistor jenis NTC, tahanan dingin berkisar dari beberapa ohm hingga beberapa mega ohm, saat temeratur bertambah besar tahanan akan berkurang. Misalnya tahanan ratusan ohm pada suhu ruangan standard dan menjadi hanya puluhan ohm saat temperature mencapai 100 celcius. Dari fungsi resistor tersebut, maka termistor dapat digunakan dalam beberapa aplikasi diantaranya: alarm tanda kebakaran, control arus pemanas ruang, pengukur temperature mobil dan lain sebagainya.

  • Voltage Dependent Resistor (VDR)

Tahanan pada VDR akan berkurang saat tegangan dinaikkan. Prubahan tahanan ini tidaklah linear yang mana saat penggandaan tegangan dapat menurunkan tahanan hingga sepersepuluhnya. Fungsi resistor ini untuk menahan tegangan yang naik secara drastis guna melindungi rangkaian yang lain.

Semoga artikel fungsi resistor dan pengertian resistor ini dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih telah berkunjung ke KlikPintar.

Pengertian, Fungsi Resistor & Macam – Macam Jenis Resistor
5 (100%) 1 vote

Komentar Untuk Pengertian, Fungsi Resistor & Macam – Macam Jenis Resistor :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top