Pengertian Kapasitor & fungsi Kapasitor di Dunia Elektronika

Pengertian & Fungsi Kapasitor – Kapasitor adalah sebagai piranti penyimpan energi dalam suatu medan listrik yang berbentuk statis. Fungsi kapasitor lainnya adalah dapat digunakan untuk pengolah ataupun pembatas clock/prosesor. Kapasitor merupakan komponen pasif kedua yang paling umum/banyak digunakan didalam rangkaian elektronika. Sama halnya dengan resistor, komponen ini sering digunakan lebih dari satu dalam setiap rangkaiannya.

Fungsi Kapasitor Berdasar Dari Bahan Pembentuknya

Kapasitor dibentuk dari dua buah plat paralel berbahan logam (konduktif) yang mempunyai daya hantar tinggi dan dipisahkan oleh isolator (dielektrik) dengan dengan jarak tertentu. Diantara dua plat tersebut disuplai dengan sumber tegangan yang akan menyebabkan besar muatan yang sama, akan tetapi dengan tanda yang berbeda. Diantara kedua plat tersebut biasanya terdapat dielektrik misalnya silicon dioksida (siO2) tetapi kadangkala dimungkinkan hanya terisi udara (kosong).

Pengertian Kapasitor Nilai dan Satuannya

Nilai kapasitor biasa disebut kapasitansi mempunyai simbol kapasitor Q, diukur dengan satuan coulomb, selain itu saat kapasitor mempunyai muatan kapasitor juga mempunyai tegangan pada kedua kakinya sebesar V volt. Selama tegangan yang disuplai kedalam kapasitor nilainya konstan, maka muatan tersebut akan tetap tersimpan akan tetapi arusnya tidak akan mengalir. Jika tegangannya yang masuk kapasitor berubah terhadap waktu, maka arusnya akan segera mengalir dan akan sebanding dengan kecepatan perubahan tegangan yang masuk kedalam kapasitor tersebut.

Kapasitansi (C) = muatan (Q)/tegangan (V) atau C = Q/V

Sebuah kapasitor mempunyai kapasitansi 1 Farad saat muatan kapasitor sebesar 1 Coulomb mempunyai tegangan naik 1 Volt. Karena nilai Farad sendiri mempunyai nilai yang sangat besar, maka biasanya untuk kapasitansi digunakan nilai microfarad atau satuan – satuan yang lebih kecil lagi, contoh penulisannya :

1 mikrofarad = 1uF = 1/1.000.000 F = 1x 10-6 Farad

1 nanofarad = 1nF = 1/1.000.000.000 F = 1x 10-9 Farad

1 pikofarad = 1pF = 1/1.000.000.000.000 F = 1x 10-12 Farad

Demikian artikel pengertian dan fungsi resistor, dengan memahami fungsi dasar kapasitor maka kita akan lebih mudah dalam memahami fungsi kapasitor lebih lanjut di artikel lainnya. Semoga artikel pengertian dan fungsi kapasitor ini bisa berguna untuk anda, terima kasih telah berkunjung ke Klikpintar.

Rate this post

Komentar Untuk Pengertian Kapasitor & fungsi Kapasitor di Dunia Elektronika :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top