Lihat Juga

Budidaya Jagung Manis

KlikPintar – Jagung merupakan makanan di Indonesia yang sangat populer, terutama jagung manis. Konsumsi jagung di Indonesia pun sangat banyak. Namun dengan banyaknya konsumsi dalam negeri tidak diimbangi dengan produksi jagung yang ada di dalam negeri. Oleh karena itu cara yang tepat dalam bercocok tanam tanaman jagung. berikut karakteristik tanaman jagung manis yang harus diketahui sebelum melakukan budidaya jagung manis:

Jagung Manis dapat ditanam di daerah dataran rendah sampai daratan tinggi hingga ketinggian kurang lebih 900 meter dari permukaan laut. Suhu ideal untuk tanaman jagung manis agar tumbuh baik adalah 21 – 30 0 C dengan tanah yang subur dan gembur, keasaman tanah antara 5,6

Jagung ditanam untuk diambil hasilnya. Oleh karena itu penanaman jagung perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas produksi yang akan diperoleh. Saat melakukan pengolahan Tanah, bersihkan tanah yang akan ditanami dari rumput liar dan jerami yang tidak berguna, cangkul lahan sedalam 30 – 40 cm, buat garitan dengan jarak antar garitan 80 – 90 cm. Taburkan pupuk organic.

  • Penanaman benih jagung manis dengan cara ditugal atau digarit, taburkan furadan diatas benih sebanyak 0,5 gram perlobang tanam, taburkan NPK dengan jarak 10 cm dari biji jagung sebanyak 2 gram per lubang:
  •   7 – 15 hari setelah tanam dilakukan penyulaman, pemberian pupuk ZA 150 kg perhektar, SP – 36 300 kg/ ha, bila perlu semprot dengan PPC/ Insektisida nabati.
  •  25 – 30 hari setelah tanam dilakukan penyiangan sekaligus pengguludan, bila perlu di taburi lagi Furadan 3G pada titik tumbuh sekitar 5 butur kicil per tanaman, semprot dengan PPC.
  •  40 -45 hari setelah tanam dilakukan pemupukan dengan KCL atau KNOɜ lakukan penyemprotan bila ada hama yang sudah melebihi ambang eonomi.
  • 50 – 55 hari setelah tanam, mulai seleksi tongkol atau pohon jagung, penyemprotan bila perlu pada ketiak daun.Pada saatini usahakan kebun jangan terganggu akan mempengaruhi proses persarian.
  •  75 – 80 hari setelah tanam Waktu pemetikan atau panen.

bududaya jagung manis

Panen Jagung manis sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat udara masih sejuk karena udara panas cenderung dapat mengurangi kandungan gula pada biji jagung. Untuk mempertahankan kadar gula lebih lama, setelah panen dari kebun harus segera masuk ke ruang pendingin pada temperature 1 – 5 derajad celcius, ini akan mempertahankan kemanisan jagung hingga 10 hari. Akan lebih baik setelah panen jagung langsung dibawa ke ruang pendingin dan langsung dilakukan penyortiran

Budidaya Jagung Manis 5.00/5 (100.00%) 2 votes

Kata Kunci:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top