Lihat Juga

Fakta Bunga Tulip dan Cara Menanamnya

KlikPintar –  Menanam Bunga Tulip. Apakah anda sudah tahu bunga tulip? Bunga tulip adalah bunga dari tanaman berbunga yang termasuk dalam keluarga liliceae. Tumbuhan bunga tulip ini berasal dari asia tengah, tumbuh secara liar di Kazakhstan. Tumbuhan bunga tulip sangat terkenal di Belanda, Iran dan Turki. Bunga ini sangat mencerminkan keeleganan dan keindahan.

Bila anda penyuka bunga dan sudah bosan dengan mawar, maka anda bisa mencoba menanam bunga tulip untuk mengusir kebosanan. Tahukah anda bunga tulip telah ditanam bertahun tahun yang lalu? Sebelum kita mengulas penanaman bunga ini, mari kita selidiki fakta-fakta tentang bunga tulip yang tersebar di dunia.

Fakta Bunga Tulip

Bunga tulip berasal dari asia tengah termasuk dari turki. Bunga Tulip pun sudah ditanam sejak 500 tahun yang lalu, jadi menanam bunga tulip bukanlah tren baru. Bunga tulip mulai diperkenalkan di Eropa melalui hadiah Ottoman Empire pada tahun 1554 Masehi. Sejak itulah bunga tulip menjadi sangat populer di Eropa. Terbukti bunga ini menjadi bunga yang paling dicari sejak diperkenalkan di Belanda pada tahun 1600an, bunga ini juga pernah menjadi bunga yang termahal di dunia. Belanda pun mengekspor besar-besaran bunga ini dan menempati urutan keempat top-export.

menanam bunga tulip

Ini dia yang unik, Bunga Tulip bisa dimakan! Untuk memakannya anda bisa mencampurkannya di salad atau makanan lain sesuai selera anda. Bunga ini baru diperkenalkan di Amerika pada tahun 1800an. Bunga tulip memiliki 3.000 varietas dengan 14 nama cantik. Bunga Tulip bahkan mempunyai festival yang diadakan setiap tahunnya.

Menanam Bunga Tulip

Setelah mengetahui indah dan uniknya bunga tulip, anda mungkin tertarik untuk menanam bunga ini. Banyak yang harus dilakukan untuk menanam bunga tulip agar tumbuh subur dan teratur. Ini dia tips menanam dan merawat Bunga Tulip :

Bunga Tulip adalah tanaman berumbi, saat menanam anda dapat menanam biji atau pun umbinya. Sebenarnya Bunga ini tidaklah cocok ditanam pada iklim tropis seperti di Indonesia karena Bunga Tulip biasanya tumbuh dalam iklim sejuk dan dingin. Pada saat penanaman, tumbuhan tulip haruslah melalui suhu dingin terlebih dahulu, untuk di Indonesia yang panas bila perlu masukkan kulkas (bukan freezer) pada saat penanaman umbi dan setelah muncul tunas-tunas boleh dipindah ketempat yang sejuk atau sedikit panas. Bunga Tulip tidak menyukai banyak kelembaban. Carilah tanah yang sedikit kering, subur dan berpasir untuk menanamnya. Bunga ini dapat dipaksakan untuk tumbuh pada suhu lebih tinggi atau lebih rendah. Curah Hujan dan banyaknya irigasi serta tanah yang terlalu basah akan membuat bunga Tulip mati. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam menanam bunga Tulip ini. Anda hanya perlu menyiraminya pada musim kering saja. Juga jangan lupa untuk memberikan pupuk setiap tahunnya.

Dalam merawatnya pun harus hati-hati, binatang pengerat atau tikus menjadi musuh besar bunga tulip. Jika anda menanam bunga ini menggunakan umbi akan lebih cepat berbunga daripada menggunakan bijinya. Akan memakan waktu sekitar satu tahun untuk mekar apabila anda menanamnya menggunakan umbi tetapi perlu sekitar 5 sampai 7 tahun untuk mekar jika anda menanamnya menggunakan biji.

Para peneliti pun menganjurkan, jika bunga ini sudah kuncup maka sebaiknya kita tusuk dengan jarum pada bagian kuncupnya sehingga akan mengeluarkan gas etilem yang dapat mempercepat bunga mekar. Anda tentu tidak ingin menunggu lebih lama lagi untuk mekar bukan?

Bunga yang mencerminkan Khas Eropa yang menawan, tapi tahukah anda bunga tulip juga menjadi warisan dari kekhalifahan Turki Ustmani dan bisa disebut mengiringi sejarah Islam di Turki. Bagaimana dengan anda, apakah anda tertarik menanam Bunga Tulip di bagian rumah anda?

Fakta Bunga Tulip dan Cara Menanamnya 4.50/5 (90.00%) 4 votes

Kata Kunci:

4 comments

  1. M'frststkignknlartcntsemu Emzstrescuco

    wowww
    pengen

  2. Bung.. Bagaimana saya bisa menghubungi anda?

  3. Anda bisa menghubungi kami lewan fan page kami.
    Silakan klik profil ini :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top