Pohon Gaharu, Cara Tanam dan Prospek Ekonominya

KlikPintarPohon Gaharu. Banyak yang tidak tahu apa itu kayu gaharu. Kayu gaharu adalah kayu yang berwarna kehitaman berasal dari pohon gaharu dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini digunakan dalam industri wangi-wangian yang menghasilkan pewangi karena berbau harum. Kayu Gaharu telah menjadi komoditi ekspor nusantara ke Asia tengah dan Afrika.

Pohon Gaharu banyak tumbuh di Indonesia, terlebih di Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Nusa tenggara hingga Papua. Dan pohon gaharu ini sangat diminati kayunya terutama untuk komoditi ekspor. Tidak hanya untuk pewangian, kayu gaharu juga diolah untuk dikonsumsi dan mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Sebagai contoh kayu gaharu dapat diseduh dan didiamkan semalam lalu diminum, lewat ini bisa membersihkan kotoran tubuh manusia serta menyembuhkan penyakit.

Menanam Pohon Gaharu

Pohon Gaharu sebaiknya ditanam di perkebunan khusus pohon gaharu, untuk tanah yang datar bisa ditanam dengan jarak tanam sekitar 1m x 1m hingga 3m x 3m bergantung pada luas tanah. Setelah ditanam lakukan perawatan ekstra hingga sekitar 6 – 12 bulan, perlu diketahui pohon ini membutuhkan naungan dari sinar matahari.

pohon gaharu

Pohon gaharu juga dapat ditanam di  tanah secara tumpang sari dengan beberapa tanaman lain. Dengan cara ini anda dapat memanfaatkan sela-sela tanah untuk menenam pohon gaharu. gaharu dapat anda panen setelah berusia sekitar 5 – 6 tahun.

Cara menanamnya adalah dengan mecangkul tanah dengan ukuran sekitar 40 cm x 40 cm x 40 cm, kemudian dalam lubang tersebut diberi pupuk kandang/kompos sampai sebanyak 5 gram dangan dicampur tanah. Setelah itu diamkan 2 – 4 minggu sebelum ditanami.

Prospek Ekonomi Pohon Gaharu

Pohon gaharu memeng banyak diambil kayunya untuk keperluan perdagangan ekspor, harga bibit yang relatif terjangkau dan mungkin berbeda-beda pada setiap penyedia bibit.

Harga mulai dari 10.000 hingga semilyar pada penjualan kayu gaharu perkilogram, ungkap salah seorang pebisnis kayu gaharu kala ditemui di Jakarta. Nah karena itulah bisnis kayu gaharu ini sangat menggiurkan.

Nah, diperlukan ketekunan untuk berbisnis pohon gaharu, apakah anda tertarik atau malah sudah melakoni bisnis ini?

Pohon Gaharu, Cara Tanam dan Prospek Ekonominya 5.00/5 (100.00%) 2 votes

Kata Kunci:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top