Tips Mudah Cara Menanam Cabe

KlikPintar – Tips Mudah Cara Menanam Cabe. Cabe memang terkadang menjadi komoditas yang sangat menguntungkan, buah yang rasanya pedas ini memang tidak terlewatkan dalam beberapa makanan di nusantara. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam cabe dengan baik dan benar. Dibandingkan tanaman lainnya, tanaman cabe merupakan tanaman yang memerlukan perawatan dengan keahlian yang baik dan teratur agar bisa panen sesuai harapan para penanamnya. Nah ini dia, cara menanam cabe.

Cara Menanam Cabe : Syarat Tumbuh

1. Tanah

Salah satu syarat dalam cara menanam cabe yang baik adalah tanah. Tanah yang direkomendasikan untuk menanam cabe adalah tanah yang gembur dan juga subur dan kaya dengan zat makan (zat hara). Juga tanah yang baik dalam persoalan pembuangan/sirkulasi air yang baik dan tidak menggenang. Usahakan diberi banyak humus. Tanaman cabe juga bisa ditanam di daratan rendah ataupun daratan tinggi.

2. Iklim

Tanaman cabe bisa hidup di daerah yang banyak hujan atau kurang hujan dengan suhu udara berkisar antara 25 – 31 derajad celcius.
Bila bibit sudah diperoleh, Bibit tanaman cabai rawit yang telah berumur 1 bulan segera ditanam dan dilakukan pada sore hari agar tidak layu. ciri – ciri bibit yang siap tanam adalah sebagai berikut (umur 1 bulan) :

• tidak terserang hama dan penyakit
• pertumbuhan tanaman seragam
Dalam cara menanam cabe yang baik, usahakan jangan terlalu rapat jaraknya agar mengurangi serangan hama penyakit dan memudahkan perawatan tanaman cabe nantinya. Hal ini juga bisa diaplikasikan dengan cara menanam satu baris saja dalam satu gulut. Jarak tanam yang ideal 60 x 60 cm. Hal ini juga dipengaruhi oleh musim, jika musim kemarau menanam cabe dengan jarak agak rapat mungkin tidak akan terlalu bermasalah, tetapi jika pada musim penghujan akan menyebabkan tanaman cabe mudah terserang penyakit jamur jika terlalu rapat.
Cara Menanam Cabe

• Siram bibit cabe
• Pilih bibit yang akan ditanam
• Lepaskan polibag atau pelastik dari bibit
• Padatkan tanah disekeliling tanaman bibit yang telah dimasukan kelubang agar tidak rebah
cara menanam cabe
Setelah kita mempelajari cara menanam cabe, kita pelajari lagi ke dalam masa vegetatif atau masa sebelum berbunga, yang paling penting untuk difokuskan adalah unsur makro tanaman. Pada fase ini tanaman cabe membutuhkan asupan unsur N yang cukup dan pengairan yang baik. Gunakan ZPT berbahan aktif GIBERALIN, dan jangan lupa pemupukan dilakukan dengan baik karena nutrisi sangat dibutuhkan dalam masa ini. Dan hentikan pemakaian giberalin ketika masa berbunga karena akan membuat bunga rontok. Rumput liar yang tumbuh disekita tanaman harus dicabit atau di siang dengan kored atau sabit.
Untuk menghindari lalat buah, kita bisa menyemprotkan pestisida yang baunya menyengat sehingga lalat buah tidak suka. Selain itu jika ada buah yang sudah terserang segeralah petik buang jauh. Cara mengatasi penyakit antraknose (pathek) untuk mengatasinya gunakanlah varietas yang tahan dan penyemprotan pestisida secara rutin untuk pencegahan.
Nah itulah artikel cara menanam cabe semoga bermanfaat.
Tips Mudah Cara Menanam Cabe 4.20/5 (84.00%) 5 votes

Kata Kunci:

10 comments

  1. tlng ksi impo cr mnnm cabe di tana bouksit..

  2. cabe berkhasiat tambah selera makan.

  3. meskipun cabe mahal tapi kok mc ke kurangan stok ya.

  4. ad cra/ tips yg lebih mudah gak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top