Lihat Juga

5 Langkah Cara Ternak Kenari

KlikPintarCara Ternak Kenari. Burung Kenari memang banyak sekali yang suka, kicauan burung kenari nan merdu membuat banyak orang jatuh hati pada burung yang satu ini. Kicauannya yang menawan mengundang orang untuk mengadakan kontes burung ini. Burung pun menjadi sebuah asset yang sangat bernilai harganya, terutama jika burung tersebut menang kontes kicau. Nah, sekarang bagi anda yang ingin memelihara burung kenari silakan persiapkan modal dan niat untuk memeliharanya. Banyak orang yang telah sukses karena tahu cara ternak kenari.

Cara ternak kenari tidaklah terlalu sulit juga tidak terlalu gampang, kali ini kita akan mengulas cara ternak kenari lokal. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk ternak kenari. Apa sajakah hal-hal tersebut? Ini dia cara ternak kenari :

Cara Ternak Kenari

1. Modal

Memang, dalam memulai sebuah usaha membutuhkan modal, juga dalam ternak kenari. Modal untuk ternak kenari lokal tidaklah terlalu mahal. Untuk indukan yang unggul harganya berkisar 350 ribu rupiah dan untuk indukan betina yang siap kawin hanya sekitar 200 ribu rupiah. Jadi totalnya adalah sekitar 550 ribu rupiah untuk sepasang indukan kenari. Biaya tersebut terlepas dari kandang dan juga pakan. Bagi anda yang hobi ternak kenari atau sudah tahu betul cara ternak kenari, harga tersebut memang tidak perlu dipikirkan.

2. Carilah Guru

Mencari guru adalah hal yang sangat positif, guru bisa mengajarkan kita bagaimana cara ternak kenari dengan benar. Anda juga bisa mencari informasi burung kenari melalui buku-buku tentang cara ternak kenari.

cara ternak kenari

3. Umur Burung Kenari

Umur burung kenari juga sangat penting untuk diperhatikan. Kesiapan usia untuk ternak kenari lokal adalah 8 bulan untuk burung kenari jantan dan 6 bulan untuk burung kenari betina. Itulah umur yang ideal.

4 Menjodohkan Kenari

Pada saat menjodohkan, jangan langsung ditaruh dalam satu kandang, cukup dekatkan dahulu kandang mereka saja karena burung kenari mempunyai sifat pilih-pilih pasangan. Apabila tidak jodoh kemudian langsung di masukkan dalam satu kandang, nanti malah akan ribut. Kita bisa meningkatkan birahi burung kenari dengan multivitamin. Ciri-ciri burung kenari saling suka :

  • Pada saat jantan didekatkan dengan betina. Si jantan akan mengejar atau malah menabrak sangkar dengan bunyi yang kencang dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.
  • Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur dengan berdekatan.
  • Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
  • Setelah proses perjodohan berhasil, satukan mereka dalam satu kandang.

5. Pengeraman Telur

Beri burung kenari betina dengan sarang maka dia akan merapihkan dengan sendirinya. Waktu yang dibutuhkan kenari betina untuk mengerami sekitar 21 hari. Pada saat pengeraman berilah burung kenari dengan pakan yang bergizi seperti sawi atau telur puyuh.

Nah, itulah beberapa tips cara ternak kenari, semoga bermanfaat.

5 Langkah Cara Ternak Kenari 5.00/5 (100.00%) 3 votes

Kata Kunci:

cara ternak kenari, ternak kenari lokal, ternak kenari, cara ternak kenari lokal, cara beternak kenari lokal, cara beternak kenari lokal super, tips meningkatkan birahi kenari jantan, kenari sudah kawin, kenari cewean biar cepet kawin, Kenari super, madu buat kenari umur 2 bulan, makan penambah birahi kenari, agar burung kenari mau kawin, meningkatkan birahi kenari, obat penambah birahi kenari, racikan makanan untuk naikan birahi kenari betina, ternak apa yang bikin sukses, ternak kenari lokal super, ternakan burung kenari af vs af, kenari af wortel, jenis kenari lokal super, buku tips jitu ternak kenari, burung kenari lokal super, cara jitu bikin kenari cepat birahi, cara jitu ternak kenari, cara meningkatkan birahi kenari jantan, cara menjodoh kan burung kenari biar cepat beranak, cara penjodohan kenari jantan AF dengan kenari lokal super, cara ternak burung kenari af, cara ternak kenari bsa beranak super

7 comments

  1. ni bnr@ peternak kenari gak nih……..

  2. Gratiss nih gan :
    buat kawan2 yang mau buka bisnis pasti rugi kalo belum baca bukunya nih . Jgn dulu Buka Bisnis Kawan Sblum Baca Buku ini 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula : kunjungi linknya : http://yuk.bi/t835a . Segera miliki bukunya kawan:)
    Nah supaya lebih mantab dan dijamin smakin semangat buat buka usaha ato bisnisnya boleh nih buku recomended nya Buka langsung laris , nih linknya : http://yuk.bi/t835c
    Buat buku2 recomended lainnya yang laris manis boleh juga di : http://yuk.bi/q904

    Ayo majukan bisnis indonesia , tingkatkan ekonomi dr yang kecil untuk suatu yang besar
    indahnya berbagi gan

  3. kenapa kenari saya tdk bertelur telur.tpi sudah menjodoh,tpi gk berteulr telur.gmn solusinya???

  4. makasih ya ini membantu tulisan saya

  5. Tempat untuk mengerami telur bagusnya dr apa ya om?

  6. Tempat untuk mengerami telur bagusnya dr apa ya om?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top