Lihat Juga

Belajar Budidaya Ikan lele

KlikPintar – lele memang lezat saat disantap dengan digoreng atau dibakar, tapi tahukah anda cara Budidaya Ikan Lele. Bagi pemula yang ingin mengetahui Cara Budidaya Ikan Lele perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Jenis Ikan Lele
Untuk Budidaya Ikan Lele, sebaiknya kenalilah jenis-jenisnya, habitatnya, makanan & tata cara perawatannya. Dan, pilihlah yang anda suka untuk dibudidayakan.

2. Perisapan Kolam Ikan lele
Kolam ikan lele yang tidak memenuhi persyaratan akan berakibat buruk untuk kelanjutan budidaya ikan lele, kolam haruslah disesuaikan dengan kebutuhan, apakah untuk segmen pembenihan atau segmen pembesaran, demikian juga dengan jenis kolamnya, kolam tanah, kolam semen atau kolam terpal, ukuran kolam juga harus diperhatikan agar dapat disesuaikan dengan kisaran tebar ideal yang biasanya berkisar 100 s/d 120 ekor/m2.

3. Persiapan Air Kolam
Mempersiapkan air kolam sangat berperan penting, karena banyak penyakit & tingginya angka kematian ikan lele yang penyebabnya karena kondisi air yang tidak memenuhi syarat, misalnya PH airnya, banyak pengusaha ternak ikan lele hanya sebatas mengetahui saja bahwa PH yg baik untuk ikan lele adalah antara 7 s/d 8, tapi tidak menerapkannya karena tidak tahu cara mengeceknya. Hal ini sangat merugikan, khususnya dalam usaha budidaya ikan lele, jangan menebar benih ikan lele dengan kondisi PH yang belum memenuhi syarat, sebaiknya gunakan alat pengukur PH agar tepat. Karena PH-nya cocok maka Sekali ikan lele akan merasa nyaman & sesuai pada kebutuhan hidupnya dengan melaksanakan persiapan air kolam secara benar sehingga ikan lele dapat tumbuh & berkembang sesuai target kita.

budidaya ikan lele

4. Pemberian Pakan Ikan Lele
Pemberian pakan ikan lele yang salah bisa mengakibatkan pemborosan & bisa juga membuat ikan lele menjadi mati. Jangan terlalu banyak memberi makan dan juga jangan terlalu sedikit dalam memberi makan, disesuaikan dengan jumlah ikan yang ada pada kolam anda.

5. Proses Pengambilan & Penebaran Indukan atau Bibit Ikan Lele
Selain kualitas indukan ikan lele harus baik, tempat pembelian juga harus terjamin & dapat dipercaya, setelah itu proses pengiriman indukan juga harus dengan cara-cara yang benar, agar indukan ikan lele tidak stres & tidak ada yang cacat/mati sampai ke kolam, pada saat indukan ikan lele dilepaskan dikolam indukan juga harus dengan tata cara yang benar. Pada tahap pembenihan juga ada proses penyortiran, bibit lele yg sudah disortir sesuai dengan ukurannya akan dijual atau dimasukkan kedalam kolam pembesaran benih selanjutnya. Para pembudidaya ikan lele biasanya melakukan proses puasa pada benih lele sebelum melakukan penyortiran, hal ini juga dilakukan oleh pembudidaya ikan lele pada segmen pembesaran, para pembudidaya ikan lele di segmen pembesaran biasanya tidak langsung memberi makan pada bibit lele yg baru ditebar selama setengah hari, bibit lele yg ditebar & langsung diberi pakan lebih rentan terserang penyakit & mengalami kematian.

Belajar Budidaya Ikan lele 5.00/5 (100.00%) 3 votes

Kata Kunci:

6 comments

  1. berapa ukurang makan ikan lele setelah satu minggu 5 ribu ekor berapa ukuran nya.

  2. kalau di bibit lele mulut N badan ada warna putih, bgmn ya cara ngatasi'ya?

  3. wiwit ruska karningsih kustirah kantip zaila kenon.

  4. mksh infonya ,.tlng di perjelas gmn cara pemberian makan yg baik dan kira'' habis berapakah 100 ekor dalam 1 bln / sempai panen.
    gmnkah cara mengatasi benih yang setres?

  5. Yessi Anju LesTarie

    kalau misalnya airnya asin gimana? bisa nggak?

  6. pengen bisa budidaya ikan tawar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top