Lihat Juga

Tips Singkat Merawat Burung Jalak Nias

KlikPintar – Tips Singkat Merawat Burung Jalak Nias. Namanya burung Jalak Nias, seolah mengisyaratkan bahwa burung ini adalah dari pulau Nias yang terletak di propinsi sumatera utara. Namun spesies ini bukan merupakan burung endemik di Pulau Nias. Didalam literatur burung internasional, jalak nias disebut common myna, yang wilayah penyebarannya mencakup seluruh negara di Asia. Meskipun begitu burung Jalak Nias pun sudah ditangkarkan di negara luar Asia, negara-negara tersebut antara lain Australia, Selandia Baru, Kanada, Hawaii (AS), Afrika Selatan, Mauritius, dan juga Maladewa.

Burung jalak nias adalah burung jalak yang lumayan populer di Indonesia. Walaupun kadang di beberapa negara kerap menjadi hama karena polulasinya yang sanget melimpah. Jalak nias memang dikenal sebagai burung yang pintar. Burung jalak nias sampai saat ini masih memiliki banyak penggemar di Indonesia. Sayangnya, belum banyak upaya penangkaran terhadap spesies ini. Padahal di beberapa negara, burung ini sudah lama ditangkarkan.

burung jalak nias

Cara Merawat Burung Jalak Nias

Burung jalak nias sama halnya dengan burung jalak yang lain,  burung jalak nias  juga termasuk hewan omnivora. Ia bisa menyantap serangga seperti jangkrik, udang, reptil, mamalia kecil, biji-bijian, buah-buahan, beras, nasi, roti, dan makanan limbah / sampah yang dibuang oleh penduduk sekitar. Untuk perawatan harian burung ini bisa dibilang sama dengan perawatan seperti pada burung jalak kerbau. Sering-seringlah ganti tempat minum burung ini begitu kotor, karena burung ini sangat gemar mandi.

Anda bisa memberinya buah-buahan yang bervariasi pada setiap harinya. Untuk makanan serangga, burung jalak nias lebih menyukai belalang daripada jangkrik. Burung jalak nias memang sering mengotori sangkarnya, oleh karena itu bersihkan sangkarnya kurang lebih dua kali sehari. Berikan multivitamin (BirdVit) setiap 2-3 hari sekali. Cukup sulit membedakan jenis kelamin burung ini. Tetapi, berdasarkan pada pengalaman, burung jalak nias  jantan akan mengembangkan jambulnya kalau berkicau. Warna bulunya juga lebih tajam dan tegas, serta kuku pada jari-jarinya lebih panjang.

Anda tertarik untuk merawat burung jalak nias?

Tips Singkat Merawat Burung Jalak Nias 5.00/5 (100.00%) 3 votes

Kata Kunci:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top