Lihat Juga

3 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

KlikPintar – Menentukan Arah Mata Angin. Pada umumnya kita mengenal empat buah arah mata angin, yaitu utara, barat, selatan dan timur. Dari empat mata angin tersebut, kita bisa membagi lagi menjadi delapan arah mata angin yaitu utara, barat, selatan, timur, tenggara, barat daya, barat laut, timur laut. Begitulah arah mata angin yang biasa kita pelajari sewaktu Sekolah Dasar.

Cara menentukan arah mata angin tersebut paling mudah adalah menggunakan alat yang bernama kompas, alat yang mengandalkan magnet bumi sebagai acuan arah mata angin. Tapi bagaimana jika kita membutuhkan untuk mengetahui arah mata angin tetapi tidak tersedia kompas? Nah, ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan untuk menentukan arah mata angin secara mudah. Cara-cara tersebut kami pilihkan yang secara alami, jadi tidak memerlukan alat tambahan untuk menentukan arah mata angin disaat – saat darurat.

arah mata angin

Menentukan Arah Mata Angin

Beberapa cara menentukan arah mata tanpa kompas adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan Bayangan

Di Indonesia matahari terbit dari arah timur dan tenggelam arah barat. Cahaya matahari bisa kita manfaatkan untuk menentukan arah mata angin, pada pagi hari bayangan matahari cenderung ke arah barat dan pada sore hari bayangan akan cenderung ke arah timur. Bayangan matahari ini juga bisa untuk menentukan waktu.

2. Melihat Masjid

Masjid bisa kita manfaatkan untuk menentukan arah mata angin, arah masjid di Indonesia cenderung mengarah ke Barat atau masjidil haram (Ka’bah), bila dalam suatu perjalanan kita bingung menentukan arah mata angin kita bisa melihat arah masjid. Dan tentu saja ini tidak berlaku di semua negara, hanya berlaku di negara-negara sebelah timur Arab.

3. Manfaatkan Pohon

Bagi anda yang tersesat di hutan, coba perhatikan pohon. Perhatikan setiap sisi batang pohon. Sisi pohon berbatang besar yang terkena sinar matahari dan tidak berlumut menunjukkan arah barat/timur. Jika tersesat pada malam hari, coba raba sisi pohon berbatang besar ini, dan rasakan suhunya. Suhu yang agak hangat merupakan sisi yang terakhir kali terkena sinar matahari, maka itu menentukan arah barat.

Nah, itulah tiga cara alami untuk menentukan arah mata angin, semoga bermanfaat.

3 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas 5.00/5 (100.00%) 2 votes

Kata Kunci:

4 comments

  1. Terima kasi atas penjelasannya tentang arah mata angin,

  2. trimakasih kami bisa menyelesaikan tugas dgn baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top