Inilah Jenis-Jenis Tanah dan Pengertiannya

KlikPintar – Inilah Jenis-Jenis Tanah dan Pengertiannya. Tanah merupakan tempat kita berpijak dibumi, tempat berbagai macam bangunan berdiri diatasnya. Tapi tahukah anda jenis-jenis tanah? Ya, memang tanah di bumi ini sangat beraneka ragam macamnya. Ada tanah yang subur mudah sekali di tanami tumbuh-tumbuhan, ada yang berpasir, dan bermacam-macam lainnya.

Tahukah anda jenis-jenis tanah apa saja yang ada di Indonesia? Kita patut bersyukur karena Indonesia dikaruniai tanah yang sangat subur sehingga tanaman bisa tumbuh dengan subur diIndonesia. Indonesia juga melimpah jenis-jenis tanah lain seperti tanah pasir sebagai bahan untuk mendirikan bangunan. Biasanya tanah pasir berasal dari material gunung berapi yang meletus. Apa sajakah jenis-jenis tanah yang ada di bumi? Nah, ini dia ulasan mengenai jenis-jenis tanah.

jenis-jenis tanah

Jenis-Jenis Tanah

Ada bererapa jenis-jenis tanah yang ada di bumi. Jenis-jenis tanah tersebut adalah :

1.  Tanah Kapur

Tanah kapur adalah tanah yang terbuat dari pelapukan batuan kapur. Tanah kapur sangat mudah dilalui oleh air dan sedikit sekali mengandung humus. Tanah jenis ini cocok untuk pertumbuhan pohon jati.

2. Tanah Humus

Tanah Humus adalah tanah yang berada di lapisan atas bumi, bersifat gembur dan warnanya gelap. Tanah humus terbentuk dari pembusukan tumbuhan-tumbuhan yang telah mati. Tanah humus banyak ditemukan di hutan tropis termasuk di Indonesia. Inilah mengapa Indonesia dijuluki tanah surga, karena tanahnya sangat subur.

3. Tanah Vulkanik

Tanah Vulkanik biasanya banyak dijumpai di lereng gunung berapi. Tanah ini terbentuk dari material abu yang tertinggal setelah terjadi letusan gunung berapi. Tanah ini memang bersifat sangat subur dan sangat cocok untuk bercocok tanam. Warga Daerah Istimewa Yogyakarta sangat bersyukur karena dianugerahi gunung berapi yang setelah meletus dapat membuat tanah subur.

4. Tanah Gambut

Tanah gambut adalah tanah yang terbentuk di daerah rawa. Tanah ini bersifat asam, bertekstur lunak, basah dan berwarna gelap. Tanah gambut kurang subur sehingga tak cocok untuk pertanian.

5. Tanah Pasir

Tanah Pasir bersifat porous atau sangat mudah dilalui air. Tanah ini terbentuk dari pelapukan batu-batuan. Tanah pasir sangat kurang baik bagi pertanian, karena hanya sedikit sekali mengandung humus, tetapi cocok untuk bahan bangunan. Memang pasir adalah bahan yang utama untuk membuat bangunan.

6. Tanah Podzolik

Tanah Podzolik sangat mudah ditemukan di pegunungan yang bercurah tinggi dan juga beriklim sedang. Tanah podzolik ini terbetuk dari pelapukan batuan yang mengandung banyak kuarsa sehingga warna tanah ini kecoklatan. Tanah ini kurang subur karena mineral terbawa oleh air ketika hujan turun.

7. Tanah Liat

Tanah liat atau orang jawa biasa menyebutnya lempung terdiri atas butiran-butiran liat yang halus sehingga bersifat liat. Tanah ini sulit sekali dilalui air dan bahkan tidak bisa dilewati ketika sudah diolah, tanah liat mudah dibentuk sehingga dimanfaatkan untuk membuat gerabah.

8. Tanah Laterit

Tanah Laterit adalah tanah yang berada di lapisan tanah bawah. Tanah ini tidak subur dan berwarna kemera-merahan.

9. Tanah Aluvial

Tanah Aluvial atau disebut juga tanah endapan. Tanah ini terbentuk dari endapan lumpur yang terbawa air hujan ke dataran rendah. Tanah ini sifatnya subur karena terbentuk dari kikisan tanah humus.

Nah, itulah tadi jenis-jenis tanah yang ada di bumi, semoga bermanfaat.

Inilah Jenis-Jenis Tanah dan Pengertiannya 5.00/5 (100.00%) 6 votes

Kata Kunci:

jenis jenis tanah dan pengertiannya, pengertian porus, arti tanah porous, tanah porous, macam2 tanah, pengertian jenis-jenis lahan, pengertian dari macam2 tanah, pengertian air tanah serta gambarnya, Jenis tanah subur dan penjelasannya, Macam2 jenis tanah, macam-macam tipe dan bentuk gunung berapi beserta gambar, pengertian manfaat tanah, tanaman yang cocok untuk tanah liat, tanaman yang cocok di tanah yang memgandung batu putih, Tanah serta jenis2nya, tanah dan jenis serta gambarnya, semua jenis tanah dan penger, poto macam macam tanah, perbedaan tanah pertanian dan tanah bangunan, perbedaan humus dan gambut, pengertian tanah berkapur, macam tanah, macam macam tanah, lapisan tanah yang tidak banyak mengandung humus adalah, apa bedanya tanah berhumus dan tanah liat, arti porous, bercocok tanam yang baik untuk tanah gambut, definisi macam macam tanah, gambar gambar tanah dan defenisinya, gambar jenis tanah

Komentar Untuk Inilah Jenis-Jenis Tanah dan Pengertiannya :

9 comments

  1. mana gambarnya

  2. Syaeful Sang Rezz'pextorr

    ko nggak ada pengertian tanah mergel..

  3. yeyy aku dapat jawabn ny.. thank

  4. makasih ya sdh memberi tau , jd nya saya sudah tau sekarang

  5. mana TANAH MERGEL NYA ?? —

  6. tanah terarosa ko ga ada ??? …

  7. Thx, yang jawab ngak lengkap berarti ngak menghargai pekerjaan orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Scroll To Top