Minum Soda Jadi Penyebab Gagal Ginjal, Benarkah?

KlikPintar – Ada banyak penyebab gagal ginjal yang kerap ditemui. Memang banyak sekali kasus-kasus yang mengungkapkan bahwa minuman soda atau minuman berkarbonasi diduga mempunyai dampak negatif yang berbahaya, yaitu mempunyai efek buruk kegemukan dan menjadi salah satu penyebab gagal ginjal. Tidak hanya minuman soda yang dikaitkan dengan penyakit gagal ginjal, tapi juga minuman penambah energi.

Minuman soda sendiri ternyata mempunyai popularitas yang tinggi, tercatat 1,1% orang di Indonesia meminumnya. Jika kita lihat dari segi usia, minuman bersoda paling banyak dikonsumsi di kelompok usia 13-18 tahun yakni 1,8 % dari total kelompok umur. Kemudian, berturut-turut adalah kelompok usia 5-12 tahun yakni 1,2 %, dan 19-55 tahun yakni sebanyak 1,1 %. Minuman soda memang lezat, apalagi minuman soda dingin dan segar. Namun, baru-baru ini Balitbangkes (Badan Penelitian dan Pengambangan Kesehatan) mengungkap potensi bahaya yang ada pada minuman soda tersebut. Benarkah minuman soda menjadi salah satu penyebab gagal ginjal? Simak ulasan berikut ini.

Minuman Soda Menjadi Penyebab Gagal Ginjal?

Minuman bersoda penyebab gagal ginjal

Minuman bersoda penyebab gagal ginjal?

Menurut hasil awal studi Kasus Kontrol Penyakit Ginjal Kronis Badan Litbangkes yang dilakukan pada Tahun 2014 menunjukkan bahwa konsumsi minuman soda atau berkarbonasi lebih dari sekali tiap hari selama beberapa tahun bisa meningkatkan risiko Gagal Ginjal atau Penyakit Ginjal Kronis. “Kemungkinan untuk menderita Penyakit Ginjal Kronis atau gagal Ginjal adalah sebesar 6,45 kali dibanding dengan orang yang tidak minum minuman berkarbonasi,” Ungkap prof Tjandra.

Oleh karena itulah kita diharapkan dapat mengurangi konsumsi minuman soda agar tidak berlebihan. Meminum soda setiap hari sudah terlalu banyak dan dapat membahayakan organ ginjal kita. Sayangi ginjal anda! Kenali juga gejala penyakit ginjal dalam artikel gejala penyakit ginjal.

Ini bukan berarti tidak boleh meminum minuman soda, tapi hanya menginggatkan bahwa meminum soda yang berlebihan akan fatal akibatnya di jangka panjang karena menjadi salah satu penyebab gagal ginjal, yuk kurangi munim soda.

Minum Soda Jadi Penyebab Gagal Ginjal, Benarkah?
4 (80%) 4 votes

Komentar Untuk Minum Soda Jadi Penyebab Gagal Ginjal, Benarkah? :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top