Tanaman TOGA dan Aneka Ragamnya

KlikPintar – Tanaman TOGA. Apa sih yang disebut oleh tanaman TOGA itu? Tanaman TOGA adalah singkatan dari tanaman obat keluarga. Tanaman obat keluarga / tanaman TOGA sebenarnya sangat penting ditanam oleh setiap keluarga dipekarangannya karena membawa manfaat baik bagi keluarga. Tanaman toga ini akan sangat menolong jika salah satu atau beberapa anggota keluarga jatuh sakit.

Tanaman TOGA bisa menjadi pertolongan pertama pada saat menangani suatu penyakit dan juga dapat menjadi obat alternatif selain resep dari dokter. Dan boleh dibilang memakai obat tanaman TOGA akan lebih sehat daripada obat-obatan dari dokter yang dikhawatirkan terjadi efek samping jangka panjang.

Karena setiap tanaman obat memiliki khasiat yang berbeda-beda, ada beberapa macam tanaman TOGA yang dapat kita tanam disekitar kita, beberapa diantaranya adalah seperti dibawah ini.

Ragam Tanaman TOGA

1. Kunyit

Kunyit sangat bermanfaat karena dapat meredakan radang, sesak nafas dan juga demam. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara memarutnya kemudian di seduh, ambil airnya dengan cara disaring dan kemudian di minum.

2. Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat, jika anda tinggal didaerah yang lumayan dingin seperti di Dieng maka anda dapat mengonsumsi air jahe yang dapat membuat tubuh jadi hangat.

3. Sereh

Sereh ternyata mempunyai manfaat yang sangat baik, sereh mampu meredakan sakit kepala, radang lambung, dan gusi bengkak. Anda dapat membuat minuman dari sereh ini.

4. Kumis Kucing

Tanaman ini terkenal untuk memperlancar air kemih. Namun selain itu kumis kucing juga berkhasiat untuk sembelit, masuk angin dan rematik.

5. Jambu Biji

Jambu biji mempunyai banyak manfaat. Minum air seduhan daunnya maka anda bisa mendapatkan obat diare dan maag. Jambu biji juga dapat mengobati diabetes mellitus, rebus buah jambu biji dan minum airnya 2 kali sehari.

6 Bawang Putih

Bawang putih dapat meredakan pilek dan batuk. Bawang putih juga meredakan saluran pernafasan karena dapat mempermudah pengeluaran lendir saluran pernafasan.

tanaman toga

Nah, banyak sekali jika anda ingin menanam tanaman TOGA, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Anda dapat memanfaatkan pekarangan belakang anda atau jika anda tidak memiliki lahan yang cukup luas maka anda bisa memanfaatkan cara Tambulampot. Mari kita menanam tanaman TOGA, semoga bermanfaat.

Tanaman TOGA dan Aneka Ragamnya
4.67 (93.33%) 6 votes

Komentar Untuk Tanaman TOGA dan Aneka Ragamnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top