Langkah Mudah Cara Membuat Tempe Lezat

KlikPintar – Langkah Mudah Cara Membuat Tempe Lezat. Tempe adalah salah satu makanan yang terbuat dari kacang kedelai dan hampir setiap orang di Indonesia sudah makan tempe, memang makanan yang satu ini sudah sangat lazim di Indonesia. Tak hanya itu, Tempe adalah makanan yang sangat bervitamin, vitamin terdapat pada tempe bervariasi, yaitu vitamin B kompleks, vitamin A, D, E, dan K. Oleh karena itu makan tempe adalah sangat baik. Tapi, sudah tahukah anda cara membuat tempe? Kalau anda belum tahu cara membuat tempe, ada baiknya kita pelajari. Yuk kita telusuri cara membuat tempe.

Cara Membuat Tempe

Sebelum kita belajar cara membuat tempe terlebih dahulu kita siapkan alat dan bahannya yaitu :

Bahan-bahan
1. Kacang kedelai dengan kualitas yang bagus.
2. Ragi tempe atau anda bisa menggunakan bibit murni Rhizopus Oryzae untuk fermentasi.
3. Kantong plastik, atau daun pisang untuk membungkus tempe.

Alat
1. Dandang
2. Sotel kayu
3. Kompor
4. Kipas Angin
5. Penyaringan
6. Baskom
7. Tampah

cara membuat tempe

Langkah-Langkah pembuatannya :
1. Cuci hingga bersih alat-alat yang akan di gunakan kemudian keringkan terlebih dahulu.
2. Cuci sampai bersih kacang kedelai dan pisahkan dari bahan-bahan lain yang tercampur dengan kedelai tersebut.
3. Rendam kacang kedelai tersebut kurang lebih 12-17 jam dengan air yang bersih.
4. Keesokan harinya setelah di rendam, cuci kedelai dalam air mengalir dan remas-remas kedelainya sampai kulit kedelai terlepas dari kedelainya.
5. Masak atau rebus kedelai tersebut sampai benar-benar empuk, sekitar 30 menit.
6. Kemudian setelah kedelai menjadi empuk, pindahkan pada tampah dan gunakan kipas untuk menurunkan suhu kedelai tersebut.
7. Setelah kedelai tersebut menjadi hangat, anda bisa menaburkan ragi tempe sedikit-sedikit sambil diaduk agar merata. Untuk 2 kg kedelai anda bisa menggunakan ragi 1,5 gram.
8. Siapkan pembungkus yang anda siapkan seperti kantong plastik atau daun pisang untuk membungkus kedelai. Bila anda membungkusnya menggunakan kantong plastik maka berilah lubang kecil pada plastik tersebut agar dapat lancar sirkulasi udara dan terjadi pembusukan.
9. Masukkan kedelainya lalu tutup dan biarkan sampai 2 hari.

Nah, itu tadi cara membuat tempe dengan benar, semoga bermanfaat.

Langkah Mudah Cara Membuat Tempe Lezat 5.00/5 (100.00%) 2 votes

Kata Kunci:

Cara membuat tempe, cara memasak tempe, cara pembuatan tempe beserta gambarnya, cara buat tempe, pantangan membuat tempe, cara bungkus tempe dengan daun pisang, proses pembuatan tempe, gambar pembuatan tempe, gambar proses pembuatan tempe, gambar tempe daun tidak jadi, model bungkusan tempe, pantangan dalam membuat tempe, proses pembuatan tempe gambar, pembuatan tempe, prosedur cara membuat tempe serta alat dan bahannya, gambar cara membuat tempe, Contoh mencetak tempe dengan daun, cara bungkus tempe yang bagus, cara membuat tempe bagus, Cara membuat tempe bungkus plastik yg benar, cara membuat tempe dan bahan bahan nya, cara MEmbuat tempe daun, cara membuat tempe kedelai, cara membuat tempe yang benar, cara menghias tampah dengan daun pisang, cara pembuatan tempe beserta alat dan bahannya, cara pembuatan tempe kedelai, Ukuran membuat tempe daun

Komentar Untuk Langkah Mudah Cara Membuat Tempe Lezat :

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Scroll To Top