Lihat Juga

Tips Agar Pohon Rambutan Berbuah Lebat

KlikPintar – Trik Agar Pohon Rambutan Berbuah Lebat. Pohon rambutan yang baik dapat menghasilkan buah Rambutan melimpah dan rasanya lezat dilidah, tapi tidak semua pohon rambutan punya buah melimpah. Mungkin ada yang salah dengan cara penanamannya atau perawatannya, berikut kita pelajari penanamannya. Saat sebelum menanam pohon, lakukan urutan kerja sebagai berikut sebagai berikut.

  • Galilah tanah dengan ukuran 60x60x60cm.
  • Jarak tanaman satu dengan lainnya sekitar 12×12 meter.
  • Beri pupuk kandang kira-kira dua kaleng.
  • Setelah satu minggu, tanah galian atas dikembalikan ke bawah.

Pemupukan Pohon Rambutan

Setelah dua bulan, bisa dilakukan pemupukan sebanyak 200 gram pupuk NPK (15-15-15) per batangnya. Setelah enam bulan, diberi 150 gram NPK per pohon. Pada tahun kedua, tanaman diberi pupuk 450–500 gram NPK per tahun, diberikan dua kali per tahun (masing-masing diberi setengahnya). Pada tahun ketiga, tanaman dipupuk dengan 750 gram NPK per tahun. Seterusnya, tiap hari diberi tambahan pupuk sampai paling banyak 4–6kg per pohon sebanyak dua kali setahun.

Sebelum diberi pupuk, ranting dan daun kering dipotong dengan gunting dan rumput disiangi. Hama ulat daun disemprot dengan diptelex sebanyak satu sendok makan obat dan dilarutkan ke dalam air sebanyak 10 liter. Penyakit cendawan tepung putih pada bagian buah dan bunga dicegah dengan menyemprotkan tepung belerang.

pohon rambutan

Tips Lain Tentang Pohon Rambutan

Ada sebuah tips lain agar pohon rambutan bisa berbuah lebat, ini dia caranya.

Adapun saran tersebut yakni sederhana saja, pada sore hari taruhlah sampah-sampah dibawah pohon. Dan selanjutnya sampah itu dibakar agar asap dari hasil pembakaran itu bisa mengasapi daun-daun pohon tersebut. Buktinya pohon rambutan yang sebelumnya berbuah hanya dihitung dengan jari akhirnya bebuah lebat. Demikian pula pohon rambutan di rumah ayah teman saya di Sumba-NTT, juga berbuah lebat.

Sedangkan pohon durian milik tetangga yang saya amati,selama dua tahun di sekitar rumah saya tidak pernah berbuah lebat.Bahkan kalau pun berbuah hanya bisa dihitung dengan jari. Hal itu terjadi karena tidak pernah dilakukan pengasapan.

Tapi setahu penulis, belum ada uji penelitian tentang pengasapan pohon rambutan, tapi anda mau membuktikan?

Tips Agar Pohon Rambutan Berbuah Lebat 4.50/5 (90.00%) 4 votes

Kata Kunci:

8 comments

  1. Trims temen dari Sumba NTT, Info bapak sangat berguna, mengenai pengasapan agar rambutan buahnya lebat, kapan dilakukan. Menjelang berbungakah atau kapan?

  2. kapan dilakukan pengasapan.

  3. share donk gmn cara perawatan : bengkuang agar buah besar dan cara perawatannya.

  4. berdoa sama orng telanjang

  5. bukanya jadi layu daunya?
    ato kebakar mungkin :/

  6. bukanya jadi layu daunya?
    ato kebakar mungkin :/

  7. saya barusan di kasi teman bibit rambutan, jadi langsung sy tanam di pekarangn rumah, barusan sy baca cara penanamanya lobang di diamkan slama 1 minggu, jadi bagaimana sd,apa sy sd terlanjur menanamnya, apakah bibit rambutan yg sy tanam bisa tumbuh dng subur??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top