Lihat Juga

Menguak Rahasia Pantai Indrayanti

KlikPintar – Menguak Rahasia Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti adalah pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Awalnya dari pendirian sebuah restoran dan cafe di pingir pantai pada 2009 lalu, nama Pantai Indrayanti seolah menjadi nama pantai baru yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kenapa namanya pantai Indrayanti? Kok seperti nama orang ya? Ada apa dibalik namanya?

Ada Apa Dibalik Nama Pantai Indrayanti?

Arif Rahman, Pemilik Resto & Cafe Pantai Indrayanti dianggap sebagian orang yang memberi nama Pantai Indrayanti. Tapi, dia tidak pernah berpikir tentang nama pantai yang berada di antara Pantai Sundak dan Pantai Siung itu (Pantai Indrayanti). Tetapi, dia tergerak mengembangkan potensi bisnis yang ada di sepanjang pesisir pantai di  Kabupaten Gunungkidul tersebut karena melihat peluang yang bagus. Sebelumnya pantai tersebut tidak pernah dinamai Pantai Indrayanti. Karena tidak pernah ada di dokumen buku milik Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyebutkan pantai tersebut bernama Pantai Indrayanti, tetapi pantai itu bernama Pulang Sawal.

pantai indrayanti

“Kalau Restoran & Cafe memang saya beri nama Indrayanti sesuai nama istri, tetapi soal nama Pantai Indrayanti atau Pulang Sawal itu berpulang pada masyarakat setempat,” Kata Arif. Dulu, sebelum ada Restoran & Cafe Pantai Indrayanti, pesisir Pantai Pulang Sawal masih terlihat kotor dan kumuh. Meski pantainya berpasir putih, banyak sampah berserakan di sepanjang bibir pantai yang cukup menggangu penglihatan. Arif pun mengajak warga setempat untuk melakukan kerja bakti membersihkan sampah, membuat kantong sampah, dan menata pantai agar tertata rapi dan indah secara bertahap. Dan ini berhasil menghidupkan pantai tersebut, pengunjung berdatangan dan bisnis pun berkembang. Inilah pantai Indrayanti, pantai yang berkembang ramai dan namanya berasal dari nama cafe.

Menguak Rahasia Pantai Indrayanti 5.00/5 (100.00%) 2 votes

Kata Kunci:

3 comments

  1. wah namanya kok bagus seperti pantainya..

  2. sbtlnya sy salut krn ada orang yang mau mengelola… apalagi care terhadap masalah kebersihan lingkungan utk menjadikan nyaman utk tinggal menikmati alam dan pantainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top