Daerah Tempat Turun Salju di Indonesia

KlikPintar – Daerah Tempat Turun Salju di Indonesia. Garis katulistiwa memang melintasi Indonesia sehingga daerah-daerah di Indonesia mempunyai iklim tropis. Musim di Indonesia pun hanya ada dua yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Banyak orang yang merasa bahwa Indonesia sangat kecil kemungkinannya untuk turun salju, temperatur udara di Indonesia pun hangat – panas pada umumnya.

Tapi siapa sangka jika ada beberapa tempat di Indonesia yang kerap kali dilanda salju. Ya, salju di Indonesia memang nyata adanya, ada yang berwujud salju abadi dan ada pula yang berbentuk salju musiman mengikuti musim salju (winter) di Australia. Turun salju ada dampak baik dan juga dampak buruknya bagi masyarakat di Indonesia, bagi yang tidak kuat akan hawa dingin, tentulah itu adalah siksaan tapi yang memang mengidam-idamkan salju inilah saatnya bermain bola salju. Ingin tahu tempat mana saja yang sering dilanda hujan salju? Silakan simak beberapa tempat dibawah ini.

Tempat Turun Salju di Indonesia

1. Dieng, Jawa Tengah

Pulau jawa memang berada di sebelah selatan garis katulistiwa sehingga apabila matahari berada jauh di sebelah utara garis katulistiwa pulau jawa akan terasa lebih dingin dimalam hari, tentu Australia akan lebih dingin lagi. Dieng, Jawa tengah yang memang merupakan dataran tinggi sering kali dilanda hujan salju yang berasal dari embun yang mengeras. Itu hanya terjadi pada bulan Juli – Agustus setidaknya sudah terjadi pada tahun 2012 dan 2013 ini, dan pada bulan lainnya suhu kembali normal. Salju yang dihasilkan memang tidak terlalu tebal bahkan sangat tipis, tapi temperatur udara dimalam hari bisa mencapat -3 derajad celcius, keadaan suhu dingin ini biasanya disebut musim Bediding oleh orang Jawa. Daerah di pulau Jawa lainnya pun juga menjadi lebih dingin pada musim ini namun tidak terlalu dingin seperti Dieng. Lihat Juga : Musim Bediding. Peristiwa unik di Dieng ini selain untuk pariwisata, kejadian ini juga berpengaruh buruk terhadap pertanian kentang daerah Dieng. Berikut ini fotonya :

dieng Salju di indonesia

2. Puncak Jaya

Puncak Jaya, Papua adalah puncak tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian sekitar 18 ribu meter maka disana merupakan tempat yang dingin sehingga ada salju abadi disana. Memang sulit akses menuju puncak jaya. Salju abadi puncak jaya di Pulau Papua memang sudah terkenal dan mendunia. Namun salju di puncak jaya berangsur-angsur mencair sehingga diprediksi lapisan salju akah habis pada tahun 2024.

Nah, sudah tahu kan kalau ada beberapa tempat di Indonesia mempunyai salju. Tidak hanya di negara-negara dengan iklim subtropis dan dingin saja yang mempunyai salju, iklim tropis pun mempunyai salju walaupun hanya terbatas pada tempat-tempat tertentu. Ya, itulah salju di Indonesia.

Daerah Tempat Turun Salju di Indonesia 4.00/5 (80.00%) 6 votes

Kata Kunci:

tempat bersalju di indonesia, daerah salju di indonesia, ada kemungkinan kah indonesia turun salju, musim salju yang terjadi di papua, negara tidak bersalju, negara yang turun salju terdekat dari indonesia, papua musim salju, salju di indonesia, salju di pulau jawa, salju didaerah tropis, tempat brtsalju di Indonesia, tempat di indonesia yang bersalju, tempat di indonesia yang terdapat salju, wilayah bersalju, wilayah di indonesia yang bersalju, mengapa papua turun salju, kapan indonesia turun salju, adakah salju di indonesia, ciri ciri negara yang ada salju, daerah bersalju di Indonesia, daerah di indonesia yang pernah turun salju, daerah yang terjadi hujan abadi, daerahmanakah akan turunsalju di indonesia, di daerah mana indonesia yang ada saljunya, dimana saja undinesia mempuyai tempar yg besalju, dimanakah daera bersalju, Dimanakah indonesia pernah turun salju, foto tempat hujan salju di daerah indonesia, indonesia bagian mana yg bersalju, indonesia salju

Komentar Untuk Daerah Tempat Turun Salju di Indonesia :

One comment

  1. Perlu di ketahui di dieng ga adh salju n cma juli agustus ada embun yg membeku itu jga cma smpe jm 8 pagi dh mncair lg.
    Q orang wnsbo srg main k dieng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Scroll To Top