Lihat Juga

Tips Programmer AVR : CodeVisionAVR Kode Bahasa Indonesia

KlikPintar – Tips Programmer AVR : CodeVisionAVR Kode Bahasa Indonesia. Apabila anda berkutat dalam bidang elektronika, terutama dalam bidang otomatisasi menggunakan Mikrokontroller AVR ada sebuah tips unik untuk membuat kode yang akan dimasukkan ke dalam mikrokontroller AVR. Kalau biasanya anda menggunakan bahasa inggris untuk membuat program, anda bisa memodifikasinya menjadi pemrograman dalam bahasa Indonesia. Bahasa C dalam program CodeVisionAVR dapat kita jadikan ke dalam bahasa Indonesia, jika anda biasanya menuliskan “if” kini juga bisa diganti dengan “jika”. Ingin tahu caranya? Ini dia.

CodeVisionAVR Bahasa Indonesia

Agar dapat melakukan coding memakai CodeVisionAVR dalam bahasa Indonesia anda perlu melakukan ini :

1. Install CodeVisionAVR seperti biasa

2. Buka Notepad, kemudian ketik

#define   jika   if
#define   untuk  for

3. Kemudian simpan dengan nama “indo.h”

4. File “indo.h” dimasukkan dedalam folder CodeVisionAVR Include. Misal : “C:\Cvavr\inc”

5. Nah, setiap kali anda akan menggunakan CodeVisionAVR dengan berbahasa Indonesia, anda harus memasukkan kode “#include <indo.h>” pada awal kode. Selesai, anda bisa memulai membuat program dengan CodeVisionAVR dengan menggunakan bahasa Indonesia. Seberapa banyak kode-kode berbahasa Inggris yang dapat di bahasa Indonesiakan adalah tergantung anda membuat file “indo.h”. Semakin lengkap dan benar translate anda maka akan semakin baik. Untuk contoh diatas hanya 2 baris saja.

codevisionavr bahasa indonesia

Itulah tips yang sangat simpel, bagi anda yang sudah mahir mempergunakan CodeVisionAVR maka anda tidak terlalu membutuhkan translate seperti ini. Tapi bagi yang baru belajar, apalagi anak-anak mungkin akan sangat terbantu dengan adanya CodeVisionAVR dengan berbahasa Indonesia ini.

Andapun juga dapat mengubah bahasa sesuka anda dari bahasa Jawa hingga bahasa rahasia dimana yang mengerti hanya anda dan sebagian orang yang anda kehendaki. Dengan menggunakan CodeVisionAVR yang berbahasa Indonesia ini anda tidak akan mempengaruhi besar kecilnya memory/kapasitas hasil kompilasi ke dalam file *.hex. Juga tidak mempengaruhi alokasi memory SRAM dalam Mikrokontroller.

Nah, itu dia tips untuk CodeVisionAVR, selamat berkreasi.

Tips Programmer AVR : CodeVisionAVR Kode Bahasa Indonesia 5.00/5 (100.00%) 3 votes

Kata Kunci:

One comment

  1. nice post gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top